Mengalahkan Diri Sendiri Merupakan Kemenangan Sejati

Kebanyakan oranhgmerasa menang ketika mampu mengalahkan orang lain bahkan dengan cara yang tidak benar sekalipun, padahal hal tersebut membuat diri kita merasa tidak tenang, was-was, dan kuatir bahwa orang lain juga dapat mengalahkan kita.

 

Namun tanpa disadari ternyata kemenangan sesungguhnya adalah ketika kita mampu mengalahkan diri kita sendiri , dengan begitu kita menjadi pemenang tanpa menjatuhkan orang lain.

 

Semakin sering kita memikirkan bagaimana mengalahkan lawan, semakin pudar pula potensi diri kita yang nyatanya dengan itu kita dapat menjadi pemenang. Seluruh potensi terkuras hanya karena kita memikirkan hal negatif.

 

Jika hal ini dibiarkan kita akan menjadi orang yang akan menghalalkan segala cara untuk menjadi pemenang. Padahal kemenangan itu hanyalah kemenangan palsu atau semu.

 

Bersaing dengan diri sendiri adalah jalan terbaik untuk meningkatkan kemampuan, mengoptimalkan potensi yang ada pada diri. Caranya dengan memegang teguh pada kedisiplinan, konsisten, prestasi, jujur pada diri sendiri, jujur pada keluarga serta jujur pada orang lain, mau berkerja keras, mau berusaha dan lainnya yang pasti meningkatkan rasa semangat pada diri.

 

Namun hal tersebut tidak mudah, karena pada diri kita pun terdapat musuh nyata yaitu kesombongan, kemalasan, hasrat ingin menguasai, dan merasa diri paling benar.

 

Maka dengan begitu kita harus mampu menghargai hasil yang kita peroleh walaupun belum sesuai yang kita harapkan, karena dengan begitu menambah rasa semangat kita untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi.

 

Kemenangan yang sejati bukanlah ketika kita mampu mengalahkan orang lain, tapi justru ketika kita mampu mengalahkan diri kita sendiri

Shares
Share This