Tips Dan Trik Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadhan

    Puasa Ramadhan adalah saat dimana kita menahan dahaga juga lapar selama satu bulan penuh dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

    Saat menjalankan ibadah puasa biasanya orang mengalami kurangnya daya tahan tubuh sehingga ketika melalukan suatu kegiatan akan terasa lemas.

    Tapi jangan khawatir, disini saya akan memberikan tips agar tubuh tetap sehat meski sedang menjalankan ibadah puasa.

  1. Jangan lewatkan sahur
    Jangan pernah melewatkan makan sahur, karen sahur merupakan salah satu waktu untuk mengisi daya tahan tubuh. Usahakan makan-makanan yang mengandung banyak vitamin, seperti biji-bijian, sayur-sayiran, dan lainnya.
    Selain untuk menguatkan daya tahan tubuh ketika puasa, sahur juga terdapat keberkahan di dalamnya. Seperti hadist di bawah ini :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

‘Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.” ‘

Keberkahan sahur juga dijelaskan dalam sabda Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

إِنَّهَا بَرَكَةٌ أَعْطَاكُمْ اللَّهُ إِيَّاهَا فَلَا تَدَعُوهُ

“Sesungguhnya dia adalah berkah yang diberikan Allâh kepada kalian, maka jangan kalian meninggalkannya.”

ilustrasi-makan-sahur
                        ilustrasi-makan-sahur

2. Konsumsi kurma saat berbuka
Biasakan menyantap satu sampai tiga butir kurma dan meminum segelas air putih terlebih dahulu begitu adzan Maghrib berkumandang. Jangan langsung menyantap makanan besar setelah kelaparan sepanjang hari, karena biasanya Anda malah akan mengonsumsi lebih banyak kalori.
Rasulullah SAW. Menganjurkan kita sebagai umatnya untuk mengkonsumsi kurma ketika berbuka, bukan karna tak ada manfaatnya, melainkan terdapat manfaat bagi kesehatan tubuh kita, agar tetap sehat menjalankan aktivitas selama berpuasa.

 

Cara ini dilakukan karena saat berpuasa lambung menjadi kosong dan panas maka tubuh sulit memproses makanan yang masuk dan langsung menjadi energi. kurma dan air sangat cocok untuk tubuh dengan kondisi seperti ini karena karbohidrat yang terkandung di dalamnya dan juga ringan dicerna.

kurma
                                   kurma

3. Penuhi kebutuhan cairan
Enam puluh persen tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Untuk itu minumlah teratur di malam hari dan selama sahur, guna membantu kita tetap waspada dan terhindar dehidrasi.
Ada tiga cara agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi walau sedang berpuasa.
1. Meminum air putih dua gelas saat sahur
Gelas pertama kita minum saat hendak melakukan sahur atau bangun tidur , dan gelas kedua diminum saat menjelang habisnya waktu sahur. Hal tersebut dapat membuat kamu lebih kuat untuk beraktivitas, memperlancar pencernaan, serta membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh.
2. Meminum air putih dua gelas saat berbuka
Hal ini dilakukan agar kamu tidak dehidrasi dan menghilangkan rasa haus
3. Meminum air putih empat gelas di malam hari
Untuk mempermudah pencernaan dalam tubuh dan terhindar dari dehidrasi

ilustrasi air pada tubuh manusia
               ilustrasi air pada tubuh manusia

4. Pilih karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana
Karbohidrat sederhana dipecah sangat cepat oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi. Sedangkan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oat, dan beras hitam membuat kita kenyang lebih lama.

Selain membuat kenyang lebih lama juga memperbanyak energi sehingga saat melakukan aktivitas kita tidak merasa lemas.

karbohidrat kompleks
                      karbohidrat kompleks

5. Makan makanan seimbang
Pastikan piring kita memenuhi semua kelompok makanan yang diperlukan, tapi tidak dalam kadar yang berlebihan. Misalnya saja nasi merah, ayam, tahu, tempe, sayuran, buah-buahan, dan segelas air putih. Tiga keluhan yang kerap terjadi di bulan Ramadan tidak akan kita rasakan.

Terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan pun tidak baik untuk tubuh bahkan dapat merusak organ tubuh kita apa lagi jika makanan yang kita konsumsi tidak memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna.

makanan seimbang
                             makanan seimbang

6. Hindari kafein
Kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan.

7. Hindari minuman manis
Tanpa disadari, minuman manis yang kita jumpai lalu kita konsumsi secara rutin di bulan Ramadan telah memenuhi 1.000 kalori yang dibutuhkan tubuh per hari.
Ingat, agar terhindar dari kenaikan berat badan selama puasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk. Lebih baik minum segelas air putih atau infused water agar mendapatkan manfaatnya.

8. Lihat Al-Quran
Jamilah menyarankan kita melihat ayat-ayat di Al-Quran apabila tidak yakin makanan apa saja yang baik disantap saat berpuasa. Di situ disebutkan, Rasullah SAW selalu mengonsumsi susu, kurma, domba, dan gandum agar tubuhnya tetap sehat selama berpuasa. Tentunya, diimbangi dengan buah-buahan seperti zaitun, mentimun, buah ara, anggur, dan lentil.

Demikian juga dengan ikan. Islam memperbolehkan kita menyantap ikan, dan wajib memasukkannya ke dalam menu harian.

Al-Qur'an
                                Al-Qur’an

9. Tidur yang cukup
Karena kita akan bangun untuk sahur, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah sholat taraweh. Sebab, kurang tidur memengaruhi kinerja otak  dan dapat menyebabkan sejumlah penyakit dalam jangka panjang, serta risiko obesitas mengintai.

Tidur yang cukup juga membantu tubuh kita tetap vit menjalankan aktivitas di siang hari saat berpuasa.

Shares
Share This