3 Macam TIPS & TRIK TARGET !!!

Cirebon Media – Bicara soal usaha tentu tidak lepas dari target. Khususnya target penjualan. Target biasanya ditetapkan dan ditentukan pada awal tahun dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari eksternal seperti, trend yang sedang demand, pertumbuhan ekonomi, dan kebutuhan pasar. Begitu juga dari faktor internal seperti, Pencapaian target tahun lalu dan Kesiapan produk yang akan dipasarkan. Target penjualan tidak bisa diabaikan. Kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak produk yang terjual. Dengan kata lain, semakin besar omset penjualan semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Disinilah peranan penting Marketing dalam mewujudkan keberhasilan suatu bisnis. dengan perencanaan strategi ‘Marketing Plan’  yang benar meliputi : Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price), dan Promosi (Promotion). Menentukan Target penjualan kalkulasi yang benar sangat penting. Karena implikasinya bisa bermacam-macam. Penetapan target yang benar tidak hanya menentukan dasar angka target saja, melainkan juga harus berhubungan erat dengan faktor-faktor lainya seperti, Insentif, Rencana pengembangan produk, Kebijakan perusahaan, dan Term of payment yang berhubungan dengan team sales.

Bagaimana membuat target penjualan dengan tepat?, biasanya pebisnis mencari hal-hal besar yang bisa memicu peningkatan omset. Tidak ada salahnya memang, tapi seringnya penetapan target itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil yang mungkin sering diabaikan, dan justru itu yang bisa meningkatkan omset secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Faktor Utama Sebelum Menentukan Target Penjualan adalah sebagai berikut :

 

  1. Target yang baik adalah target yg bisa di capai dengan melompat. Maksudnya kita tahu takaran angka target harus pas, realistis, terukur dan bisa di capai, karena menetapkan target yang terlalu rendah akan berimplikasi kepada kemampuan sales yang akan menurun. Namun menetapkan target yang terlalu tinggi dan tidak realistis akan memunculkan demotivasi dan hilangnya fighting spirit dari sales. Karena itu menetukan takaran yang pas kadang gampang-gampang susah jika kita tidak memahami faktor faktor lainnya.
  2. Target yang baik harus sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar serta rencana pengembangan bisnis kedepan. Karenanya perlu menganalisa data yang terjadi dalam bisnis sehari hari, seperti berapa prediksi pertumbuhan pasar ditahun depan? Kemungkinan trend apa yang akan terjadi dan berpengaruh tahun depan?. Biasanya hal-hal seperti inilah yang menjadi acuan dasar kita dalam menentukan target penjualan di tahun berikutnya.
  3. Pertimbangan yang realistis juga harus dimunculkan. Artinya harus melihat keadaan yang ada. khususnya yang bermain di wilayah retail. Ketika sebuah target dirasa bisa di capai tapi mengandung potensi resiko yang besar, jangan ragu untuk melakukan revisi demi mempertahankan stabilitas bisnis yang ada.

Oleh : Arif Agustian & Mochamad Alfian

 

Shares
Share This