Selain Kerja Keras, Anda Juga Harus Kerja Cerdas

Cirebonmedia.com- Setiap manusia pasti memiliki beban hidup dan hal tersebut membuat mereka bekerja agar mendapatkan pendapatan guna memenuhi beban hidupnya. Kerja keras diperlukan dalam dunia pekerjaan akan tetapi kerja cerdas juga perlu agar Anda bisa meraih kesuksesan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan Anda.

Selama ini banyak orang terjebak dalam pusaran kerja terlalu keras. Mereka tidak bisa berhenti menyentuh pekerjaan dan memikirkan berbagai tugas yang harus diselesaikan meski di hari libur sekalipun. Kita terlalu mudah untuk jatuh pada lingkaran yang bernama “selalu bekerja setiap saat”. Bekerja cerdas bukanlah tentang mengalokasikan waktu lebih panjang untuk melakukan suatu pekerjaan. Bekerja cerdas adalah upaya menyeimbangkan seluruh lini kehidupan agar nantinya membawa dampak positif pada produktivitas.

Usaha dalam kerja memang penting, tapi tahukah Anda jika bekerja keras saja tidak cukup. Anda perlu bekerja cerdas agar dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dengan bekerja cerdas, maka kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu. Kerja cerdas akan membuat Anda terhindar dari membuang waktu yang tidak penting. Kerja cerdas akan membuat Anda bekerja lebih efektif.

Lalu bagaimana seseorang bisa bekerja secara cerdas? Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mampu berkerja secara cerdas:

Susun prioritas

Rencanakan hari Anda dengan menulis prioritas pekerjaan yang harus Anda lakukan. Tentukan 3 prioritas penting yang harus segera Anda selesaikan. Usahakan untuk mematuhi prioritas tersebut. Selesaikan semua pekerjaan yang penting terlebih dahulu, kemudian pekerjaan yang tidak terlalu penting.

Kerja cerdas
Kerja cerdas

Jauhkan diri dari gangguan

Saat bekerja di kantor seringkali Anda terganggu dengan beberapa hal, misalnya obrolan tidak penting di group chat atau gangguan email yang mengganggu konsentrasi Anda. Untuk sementara hindari gangguan tersebut jika sedang dikejar deadline.Lakukan hal yang menyenangkan di pagi hari Membangun mood memang tidak mudah, apalagi bagi Anda yang bekerja berdasarkan mood. Untuk itu lakukan ritual pagi yang membuat Anda lebih bersemangat dan tentu saja dapat meningkatkan mood Anda dalam bekerja. Mood yang bagus akan membuat Anda lebih fokus dalam bekerja.

Beristirahatlah

Penelitian memberitahu kita melalui ritme ultradian bahwa otak kita hanya bisa fokus tanpa istirahat selama sekitar 90 menit. Jika kita perlu mengambil istirahat kecil, mungkin 15 menit atau lebih, setiap 90 menit bekerja, maka kita akan menyegarkan dan mempertajam otak kita. Sebuah periode istirahat kecil dari otak akan membantu otak untuk mengatur ulang fungsinya bahkan pada tingkat yang lebih tinggi setelah kita kembali bekerja sehabis istirahat.

Shares
Share This