Menangkal Bau Mulut Saat Puasa

Cirebonmedia.com- Bulan Ramadhan merupakan momen yang paling dinantikan bagi seluruh umat muslim dari berbagai penjuru dunia, Bulan ini memiliki keistimewaan sehingga kedatangannya sangat dinantikan, pada bulan Ramadhan seluruh umat muslim akan menunaikan ibadah puasa, yaitu ibadah menahan hawa nafsu, lapar dan haus. Akan tetapi saat menjalankan ibadah ini sering sekali muncul bau mulut saat puasa, dan hal tersebut sangatlah menggangu.

Bau mulut saat puasa sendiri terjadi karena didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut. Kemudian Ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap di mulut.

Meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut. Sehingga kita terbebas dari bau mulut saat puasa, karena jika tidak, akan mengganggu orang lain dengan aroma nafas yang kurang sedap.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda dapat menangkal bau mulut saat puasa, diantaranya:

Bersihkan lidah

Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan. Tak tertutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah.Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah bau mulut terjadi.

Sikat gigi setelah makan

Baik saat bulan Puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan Ramadan, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.

Bau mulut saat puasa, sangatlah mengganggu.

Gunakan obat kumur antibakteri

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

Hindari obat kumur beralkohol

Dehidrasi membuat aroma mulut memburuk, maka obat kumur adalah solusinya. Namun, jangan sampai pilih  obat kumur. Basahi mulut dengan air dan gunakan obat kumur mulut yang nonalkohol pada malam hari. Sebab, alkohol akan mengeringkan mulut Anda sehingga membuat mulut menjadi beraroma kurang sedap pada pagi hari.  Jika mulut kering itu buruk, maka obat kumur adalah teman Anda. Tapi bukan jenis yang secara tidak sengaja bisa membuat Anda kembali.

Shares
Share This