7 Hal Yang Dapat Membantu Anak Mengerjakan PR

Cirebonmedia.com- Tak sedikit orangtua yang kebingungan dalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari guru di sekolah. Ada beberapa kunci dalam upaya membantu anak mengerjakan PR yang perlu diketahui orangtua agar aktivitas bersama itu lebih mudah.Ketika anak mendapatkan pekerjaan rumah (PR) dari guru di sekolah, Anda tidak perlu mengajari mereka terlalu jauh. Sebab, PR bertujuan untuk membiasakan anak belajar mandiri.

“Tujuan dari pekerjaan ini adalah untuk membantu anak-anak menjadi pembelajar mandiri,” kata Cathy Vatterott, PhD, profesor pendidikan di University of Missouri-St. Louis.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk membantu anak mengerjakan tugas tersebut secara maksimal.

Terapkan Waktu Belajar yang Tepat

Waktu yang bisa kita gunakan yaitu ketika bisa berkumpul bersama keluarga. Bisa ketika sore hari, selepas anak bermain dan mandi. Atau kalau tidak, bisa juga pada malam yang belum terlalu larut. Lalu sebelum mulai mengerjakan PR, pancing anak untuk bercerita tentang apa saja. Misalnya tentang kejadian lucu di sekolah, hal menarik ketika belajar, teman dan guru yang menyenangkan, dan seterusnya. Hal itu sangat membantu mendongkrak mood-nya sebelum mengerjakan PR.

Biarkan anak membuat rutinitas

Ketika anak mendapatkan tugas, sebaiknya Anda ajarkan mereka untuk memiliki rutinitas tertentu. Dengan demikian, anak akan dapat mengetahui waktu dan tempat yang tepat untuk mengerjakan tugasnya.

“Tanyakan apakah dia memiliki ide untuk membuat pekerjaan rumah menjadi lebih mudah dikelola,” saran Deborah Stipek, PhD, dekan University of Stanford Graduate School of Education.

Ciptakan area khusus

Anak-anak butuh tempat yang nyaman untuk mengerjakan PR-nya. Ciptakan area dengan menyiapkan meja khusus, lengkap dengan lampu berpencahayaan baik, termasuk peralatan yang dibutuhkan, seperti kertas, pensil, lem, dan gunting. Pastikan ruangannya cukup lapang agar ia tak merasa seperti tertekan karena ruang terlalu sempit. Bila memungkinkan, dedikasikan area ini untuk mengerjakan PR saja, bukan untuk hal lain. 

Posisi anda hanya memantau

Saat anak mengerjakan tugas, Anda memang tidak perlu membantu secara keseluruhan.

Akan tetapi, Anda tetap harus berada di dekat mereka dalam keadaan siap membantu mencari solusi atau memeriksa tugas mereka.

Komunikasi yang teratur dengan guru

Guru adalah mitra orang tua. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menjaga komunikasi yang erat satu sama lain.Komunikasi ini memperbolehkan orangtua untuk memonitor perkembangan anak.

Membantu anak mengerjakan PR
Membantu anak mengerjakan PR

Biarkan anak bertanggung jawab

Tugas dari sekolah merupakan tanggung jawab siswa dan mereka harus menyelesaikannya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.Jika anak mengeluh, biarkan mereka mengatasinya. Lalu, jangan menggunakan kekerasan untuk memberi tahu mereka mengenai tanggung jawabnya.

Tawarkan pujian

Salah satu cara untuk membantu anak-anak mengerjakan PR-nya adalah untuk memuji hasil kerja kerasnya. Rayakan tes sulit yang berhasil ia selesaikan dengan nilai tinggi dengan menu makan malam kesukaannya. Biarkan anak mendengar Anda memujinya kepada teman atau keluarga. Nenek biasanya suka mendengar prestasi cucunya, anak pun akan merasa tersanjung mendengar dirinya dipuji, terutama oleh orangtuanya, tentu hal ini akan menjadi pemacu semangatnya.

Jadikan anak anda menjadi lebih kreatif dan lebih bertanggung jawab akan tugas-tugasnya.

Shares
Share This