Tingkatkan Hari Kerja Anda Menjadi Lebih Produktif

Cirebonmedia.com- Beberapa orang sudah menjadikan aktifitas multitasking sebagai budaya mereka sehari-hari. Informasi dan kegiatan hampir hadir disetiap saat, dan kita sudah terbiasa untuk bergerak melalui kehidupan dengan kecepatan yang tidak wajar bagi tubuh manusia.Untuk itulah saatnya Anda dapat belajar untuk memperlambat kecepatan dan bahkan meningkatkan produktivitas Anda.

Anda sibuk namun tidak ada satu pun pekerjaan yang selesai? Anda merasa punya sedikit waktu mengerjakan semua tugas kantor? Anda sering pusing karena di akhir hari masih banyak tugas yang belum diselesaikan? Jika jawaban Anda ya untuk satu pertanyaan di atas, Anda belum produktif. Guna membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja, berikut adalah tujuh cara yang layak Anda coba.

Sarapan sebelum bekerja

Jangan menunggu hingga sampai kantor untuk sarapan sebab sarapan di kantor dapat mengganggu pekerjaan Anda.

“Anda tidak bisa benar-benar bekerja ketika memiliki sendok di tangan dan terus meraih sesuatu. Hal ini akan membuat Anda menjadi tidak produktif untuk bekerja,” kata Laura Stack, penulis buku Doing the Right Things Right: How the Effective Executive Spends Time.

Membuat daftar kegiatan

Membuat sebuah daftar kegiatan dengan tujuan jangka panjang dapat membantu Anda menentukan prioritas.

Menurut Charles Duhigg, penulis buku Smarter Better Faster: The Secrets of Being Productive in Life and Busines, sebaiknya tugas sehari-hari lebih spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki jadwal.

Memasang batasan waktu untuk diri sendiri

Paksa diri Anda untuk bekerja tanpa gangguan dalam batasan waktu tertentu, menurut Kevin Kruse, penulis buku 15 Secrets Successful People Know About Time Management.

Anda bisa mengambil waktu selama 50 menit untuk bekerja dan 10 menit untuk beristirahat.

“Dengan demikian, timer akan mengingatkan diri Anda untuk terus bekerja hingga waktu istirahat tiba,” ucapnya.

Kerja produktif
Kerja produktif

Memulai dari tugas yang paling Anda pikirkan

“Idealnya, Anda harus mulai dengan mengatasi hal yang paling menyita perhatian Anda. Sering kali, hal itu adalah yang paling mengganggu Anda,” kata David Allen, penulis Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity.

Ketika Anda telah menyelesaikan tugas berat di awal, tekanan akan berkurang dan Anda akan menjadi lebih santai.

Minum kopi hanya pada saat yang paling dibutuhkan

Kafein memang solusi instan untuk menjaga energi. Akan tetapi, setelah efeknya berhenti, Anda juga akan merasa kelelahan. “Oleh karena itu, simpan kopi Anda untuk tugas yang paling berat,” ujar Chris Bailey penulis buku The Productivity Project.

Shares
Share This