Melatih Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Cirebonmedia.com- Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan bagi para orang tua diseluruh dunia, memiliki anak yang cerdas tidak lah mudah, para orang tua harus melatih kecerdasan anak sejak usia dini sehingga ia terbiasa dengan hal-hal yang berhubungan dengan kecerdasan. Kecerdasan inilah yang kelak akan menuntunnya menuju kesuksesan di masa depan.

Dalam mengartikan kecerdasan, para ahli mempunyai pengertian yang beragam. Kecerdasan atau intelegensi dapat dipandang sebagai kemampuan memahami dunia, berpikir rasional, dan menggunakan sumber-sumber secara efektif pada saat dihadapkan dengan tantangan. Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian kecerdasan adalah kemampuan general manusia untuk melakukan tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir dengan cara rasional. Selain itu, kecerdasan dapat juga diartikan sebagai kemampuan pribadi untuk memahami, melakukan inovasi, dan memberikan solusi terhadap dalam berbagai situasi.

Untuk membuat sang buah hati menjadi cerdas kita sebagai orang tua harus melatih kecerdasan anak sejak usia dini atau sejak balita agar perkembangan otak sang buah hati berkembang dengan baik. Untuk itu berikut adalah tips melatih kecerdasan anak sejak usia dini:

Sering berkomunikas dengan bayi

Semakin banyak kosa kata yang didengar sejak awal, makin dini anak mengembangkan kemampuan bicaranya. Anak berusia 3 tahun yang telah dapat berbicara dengan baik, dikatakan memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding yang lain. Cobalah berbicara dalam nada yang bervariatif ketika berbicara dengan bayi.

Melatih kecerdasan anak
Melatih kecerdasan anak

Tunjukkan ekspresi wajah dan suara-suara lucu

Membuat dan menunjukkan ekspresi wajah yang lucu dapat membantu bayi belajar berkomunikasi dan membaca emosi di wajah orang lain. Membuat suara-suara lucu yang membuatnya tertawa adalah salah satu langkah untuk mengembangkan rasa humor buah hati.

Keluarkan dari stroller

Sebisa mungkin keluarkan bayi Anda dari stroller supaya dia bisa berjalan-jalan sambil mengeksplor sekitarnya. Seperti menyentuh benda-benda yanga ada di sekitarnya. Ingat untuk selalu mengawasi keselamatan si kecil selama ia berada di luar stroller.

Habiskan waktu bersama

Saat dirumah bersama si kecil, habiskanlah waktu Anda bersamanya. Seperti saat waktu makan atau sekedar mengganti popok dan jangan pernah segan untuk melakukan kontak mata dan fisik. Kontak ini yang akan membuat buah hati merasakan kontak dan aspek sosial.

Shares
Share This