Cara Membedakan Jam Tangan Asli Atau Palsu

Cirebonmedia.com- Waktu merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia, karena dengan ada nya waktu manusia bisa menentukan detik, menit dan jam. Melalui perkembangannya manusia berhasil menciptkan benda yang bisa menunjukan waktu dengan akurat yaitu jam dinding yang kemudia mulai berevolusi menjadi jam tangan seiring perkembangan lifestyle dan fashion.

Jam tangan atau Arloji adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam seperti ini pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Pada saat itu semua arloji dan alat penunjuk waktu lainnya menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding).

Seiring perkembangan zaman, pada tahun 1950-an Jam digital pertama kali di ciptakan oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster, Pennsylvania, inilah perusahaan yang pertama kali membuat jam elektrik atau digital. Setelah itu munculah beberapa merk arloji yang terkenal sampai saat ini, diantaranya yaitu Rolex yang namanya sudah mendunia.  Trend fashion jam tangan sudah menjadi kebutuhan pokok dalam hal menunjang fashion seseorang baik tua maup un muda, anak-anak hingga dewasa, laki dan perempuan, semua pasti pernah menggunakan jam tangan.

Melihat perkembangan jam tangan yang sudah menjadi bagian dari dunia fashion memunculkan kecurangan yang dilakukan oleh segelintir orang dengan menciptakan jam tangan palsu demi meraup keuntungan ganda. Untuk itu kita harus waspada sebelum membeli serta kita harus bisa membedakan mana jam tangan asli dan arloji yang palsu.

Untuk itu berikut adalah cara membedakan jam tangan asli atau palsu:

Berat

Jam tangan asli memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan jam tangan tiruan.

watch
watch

Detail produk                                                   

Membedakan jam palsu secara merinci bisa dilakukan dengan memperhatikan detail pada logo brand di badan jam tangan. Logo dan brand jam tangan orisinal dirancang berdasarkan spesifikasi dan berkualitas terbaik, lebih rapi, halus, dan memiliki ciri khas karena umumnya buatan tangan. Tujuannya supaya sulit untuk diduplikasi oleh pemasok barang tiruan, yang umumnya menggunakan mesin dan diproduksi dalam jumlah tidak terbatas.

Sertifikat

Sertifikat merupakan aset yang membuktikan bahwa jam  tersebut orisinal. Hal yang sama juga berlaku untuk koleksi tas-tas mewah seperti Hermes, Louis Vuitton, dan sebagainya.

Garansi resmi

Pembelian jam orisinal selalu disertai dengan garansi resmi langsung dari produsen (tak hanya garansi toko). Pastikan kartu garansi ini dilengkapi dengan hologram resmi. Biasanya waktu garansi jam tangan berkisar antara 1-3 tahun.

Shares
Share This