Mencegah Mabuk Kendaraan Saat Perjalanan Jauh

Cirebonmedia.com- Kendaraan bermotor roda empat seperti mobil hingga bus merupakan alat transportasi yang sangat lekat dengan aktifitas dan kehidupan masyarakat. Kendaraan inilah yang berperan aktif guna menunjang kegiatan di luar rumah seperti bekerja, bisnis hingga wisata. Akan tetapi sebagian orang tak tahan dengan kondisi perjalanan di dalam kendaraan yang lebih kita kenal dengan mabuk kendaraan.

Mabuk kendaraan atau istilah medis “Motion Sickness” adalah suatu kondisi dimana ada perbedaan antara gerakan visual dengan sistem vestibular.  Perbedaan tersebut menimbulkan konflik antara mata, propioseptic (tekanan dan posisi pada otot, persendian dan kulit) dan vestibular  (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam). Akibat vestibular terganggu akan merangsang produksi zat histamin yang merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi mual, pusing atau muntah.

Mabuk kendaraan membuat perjalanan tidak menyenangkan. Selain merasakan ketidaknyamanan pada kondisi badan, juga dapat merepotkan orang lain selama perjalanan. Suasana perjalanan menjadi terganggu karena hal ini. Untuk itu sebelum melakukan perjalanan kita harus menyiapkan diri agar tak mengalami gangguan ini.

Berikut adalah cara mencegah mabuk kendaraan saat perjalanan jauh:

Perhatikan makanan dan minuman

Perhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan Anda. Hindarilah makanan atau minuman yang dapat membuat perut Anda mual, makanan berat, makanan pedas/beraroma kuat dan makanan kaya lemak. Berhentilah makan besar satu jam sebelum Anda berangkat. Perut yang penuh memudahkan Anda mual dan muntah.

Mabuk kendaraan
Mabuk kendaraan

Jangan membaca di dalam kendaraan

Membaca membuat pandangan mata Anda berpindah-pindah, tidak terpaku pada satu titik. Pada saat yang sama, tubuh Anda merasakan dan merespon gerakan-gerakan kendaraan Anda. Akibatnya, terlalu banyak sensasi yang dikirimkan ke otak Anda. Daripada membaca, Anda lebih baik mendengarkan suara musik yang membantu Anda rileks dan melupakan kecemasan Anda.

Bersikaplah tenang

Jangan tegang mencemaskan bahwa Anda mungkin akan mengalami mabuk perjalanan. Kecemasan semacam itu justru dapat memicu kehadirannya. Berusahalah sesantai mungkin. Ketika ada tanda-tanda awal, ambillah nafas dalam-dalam, tutup mata Anda, diam dan tanamkan sugesti bahwa Anda tidak akan mengalami mabuk perjalanan.

Shares
Share This