Begini Cara Merawat Perhiasan Emas

Cirebonmedia.com- Perhiasan merupakan suatu benda yang sangat lekat dengan wanita, perhiasan pun bermacam-macam jenisnya akan tetapi yang lebih sering digunakan atau sebagai barang koleksi adalah perhiasan emas. Dengan kilau yang indah membuat emas sebagai pilihan untuk mempercantik penampilan. Wanita lebih memilih perhiasan emas karena bisa juga sebagai investasi yang memiliki nilai tinggi.

Perhiasan adalah sebuah benda yang digunakan untuk merias atau mempercantik diri. Perhiasan biasanya terbuat dari emas ataupun perak dan terdiri dari berbagai macam bentuk mulai dari cincin, kalung, gelang, liontin dan lain-lain. Biasanya perhiasan diberikan untuk hadiah. Ada banyak ragam dari perhiasan wanita, mulai dari model hingga bahan yang digunakan. Sebagian perancang menggunakan logam mulia sebagai bahan dasar. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan emas hanya sebagai pelapis.

Ketika Anda membeli emas yang sudah berwujud perhiasan Anda perlu melakukan perawatan agar keindahannya tetap terjaga selain itu anda juga perlu merawat kebersihannya agar kemilaunya juga tetap terjaga . Untuk itu anda harus merawat dan menjaganya agar keindahan dan kemilaunya tetap cemerlang.

Untuk itu berikut adalah cara merawat perhiasan emas agar selalu tampak menawan dan elegan:

 

Dengan deterjen ringan dan air hangat

Rendam perhiasan dalam campuran air hangat dan sedikit deterjen, kemudian sikat dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan dengan kain lembut.

membersihkan-perhiasanDengan ammonia

Zat pembersih kuat ini dapat Anda gunakan sesekali untuk membersihkan perhiasan emas dengan maksimal. Tetapi jangan gunakan pada perhiasan yang mengandung platina dan mutiara. Caranya rendam perhiasan dalam larutan ammonia dan air, kemudian bilas dan keringkan.

Perhiasan dengan permata atau kristal yang menempel

Untuk perhiasan dengan permata yang menempel, sebaiknya anda jaga agar tetap kering. Bersihkan dengan menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air sabun. Kemudian bersihkan sabun dengan kain basah. Jangan lupa untuk langsung mengeringkannya dengan kain kering.

Tips:

Hindari membersihkan perhiasan emas menggunakan tisu, karena partikel kayu dalam tisu dapat menggoresnya.

Simpan perhiasan dalam tempat khusus agar terhindar dari kotoran dan debu.

Sumber: Vemale

Shares
Share This