Tips Membuat Password yang Aman dan Kuat

Cirebonmedia.com- Dalam dunia yang serba canggih saat ini, teknologi menjadi bagian yang tak asing bagi kehidupan sehari-hari. Tiada hari tanpa bersinggungan dengan yang namanya gadget, internet maupun sosial media. Password adalah sebuah cara yang berguna untuk memberi keamanan pada suatu sistem komputer. Sistem komputer yang dimaksud dapat berupa aplikasi, database atau juga sistem operasi. Maka dari itu membuat password ada baiknya jangan asal dan harus mempertimbangkan beberapa hal tertentu. Banyak orang yang asal-asalan pada saat membuat password, padahal password ini adalah sebuah benteng terdepan bagi sebuah sistem keamanan.

Password sebetulnya adalah sistem proteksi yang sangat lemah pada sistem komputer. Oleh karena itu memilih password dengan kekuatan yang bagus atau baik adalah sebuah keharusan. Mengapa begitu? Tool password cracking saat ini semakin canggih saja dalam usahanya membobol password, plus juga komputer yang dipakai dalam password cracking semakin baik performanya. Password yang sebelumnya perlu waktu seminggu untuk dibongkar, maka sekarang ini dapat di-crack cuma dalam hitungan jam.

Tips Membuat Password Yang Baik Benar Aman dan Kuat

Gunakan password diatas 8 karakter

Dengan menggunakan password yang panjang maka akun anda semakin sulit untuk dibobol.

Kombinasikan huruf besar dengan huruf kecil

Meskipun terkesan rumit namun dengan mengkombinasikan huruf besar dan huruf kecil pada password yang Anda pakai maka akan semakin sulit akun Anda bisa dibobol.

Pakailah angka

Seperti prinsip pada sistem brute force attack, penggunaan angka dapat membuat tingkat kerumitan password menjadi lebih meningkat. Bahkan, bagi para pengguna layanan email diharuskan untuk menggunakan angka pada password yang dipakainya.

Usahakan membuat password yang aman
Usahakan membuat password yang aman

Hindari pemakaian identitas anda

Penggunaan identitas sebagai password sering sekali dianggap sebagai sesuatu yang mudah diingat, namun hal demikian justru sangat rawan sekali terhadap pembobolan akun.

  • Paling tidak panjang karakter password adalah 7 (tujuh) karakter. Anda juga dapat membuat password yang lebih panjang lagi demi keamanan, tapi jangan sampai Anda terlupa.
  • Konten password yang dibuat sebaiknya terdiri dari karakter-karakter dari tiga kelompok berikut ini.
  1. Kelompok: Karakter (Besar/Kecil). Contoh: A,B,C,a,b,c,……
  2. Kelompok: Angka. Contoh: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
  3. Kelompok: Simbol. Contoh: ,./<>?;’:”[]\{}|1234567890-=+_`~
  • Memakai paling sedikit 1 (satu) karakter simbol pada deretan karakter password Anda.
  • Apabila sistem Anda menerapkan password history, maka pastikan password Anda yang baru berbeda jauh dengan password Anda sebelumnya.
  • Password Anda jangan sampai mengandung nama atau juga username.
  • Jangan menggunakan kata-kata yang umum dipakai pada karakter password. Ini termasuk kata-kata yang digunakan dalam kamus.

Beberapa contoh password yang memiliki keamanan yang bagus adalah sebagai berikut.

  • a4$Jhi&]
  • 3k>i%uA
  • O@u#5Nq

Utamakan keamanan dalam menjadikan seluruh data kita aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga Bermanfaat.

Shares
Share This