Ketahui Siapa yang Mencuri Koneksi Internet Anda

Cirebonmedia.com- Terkadang banyak sekali masalah yang terjadi ketika kita sedang mengakses internet menggunakan wifi rumah kita sendiri, Ada banyak alasan mengapa koneksi wifi di perangkat Android Anda berjalan begitu lama. Salah satu alasannya, bisa saja ada orang yang menggunakan wifi Anda tanpa izin. Kadang – kadang password Wi-Fi saja tidak cukup untuk menjaga tetangga atau orang lain dari mencuri koneksi internet anda. Anda mungkin memperhatikan bahwa situs web, video, transfel file tidak secepat dulu. Masalahnya mungkin bukan karena pencurian, tetapi karena terlalu banyaknya perangkat yang terhubung pada koneksi internet anda.

Untuk mengetahui siapa yang menggunakan wifi, hal pertama yang perlu dilakukan, pastikan bahwa Anda terhubung ke jaringan wifi yang ingin dipantau. Hal ini bisa dilakukan dengan cara download aplikasi monitor jaringan Fing. Setelah mengunduh aplikasi, membukanya, dan Anda akan melihat nama jaringan pada home screen, bersama dengan tombol Refresh dan Setting.

Cara melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan wifi Anda, tap Refresh. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, tetapi setelah itu Anda akan melihat daftar perangkat. Tap perangkat ke jaringan Anda untuk membawa daftar pilihan untuk berinteraksi dengan perangkat tersebut. Ini termasuk pengiriman PIN atau Wake di sinyal LAN, dan Anda bahkan dapat log ketika perangkat tersebut terhubung dan memutuskan sambungan dari jaringan.

Lindungi koneksi internet Anda
Lindungi koneksi internet Anda

Cara Memblokir Perangkat Tanpa Izin

Jika salah satu perangkat yang terhubung ke jaringan tidak biasa atau mencurigakan, Anda bisa memblokir secara  permanen. Fing menunjukkan alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda.

– Pada komputer yang dihubungkan ke router Anda, enter IP router Anda ke dalam browser, kemudian enter rincian login router di halaman berikutnya.

– Setelah login ke router, temukan pilihan keamanan (lokasi bervariasi antara router dan mungkin terletak di bawah Advanced Settings).

– Dalam Security, klik MAC Filtering, kemudian tambahkan perangkat.

– Masukkan alamat MAC dari perangkat yang ingin untuk melarang di bidang MAC, berikan nama jika ada opsi seperti itu, lalu klik Apply, Save, atau Ok.

– Sementara login ke router Anda, itu juga mungkin layak mengubah sandi wifi melihat yang terakhir Anda mungkin telah dikompromikan.

Demikian cara mengetahui atau melihat siapa yang menggunakan WiFi kita.

Shares
Share This