Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Membeli

Cirebonmedia.com – Membeli sebuah barang seperti TV, mesin cuci, kulkas dan lain – lain pasti akan menggunakan dana yang tidak sedikit. Untuk itu Anda harus merencanakan pembelian dengan hati – hati. Selain itu Anda harus memiliki ide dan tujuan yang jelas agar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Merencanakan tindakan berikut ini akan membantu Anda menunjukkan sesuatu dengan tepat apa yang Anda cari pada suatu pembelian.

Definisikan Tujuan Anda
Apa yang ingin Anda capai ketika melakukan suatu pembelian. Misalnya Anda membeli sebuah mesin cuci guna menghemat penggunaan air dan tenaga. Kemudian perkirakan ukuran mesin cuci dengan kebutuhan Anda.

Tetapkan Kriteria
Apa keistimewaan yang Anda dapatkan dalam pembelian yang Anda lakukan dan fitur apa yang Anda perlukan. Memisahkan keinginan dari keperluan adalah langkah penting dalam melakukan setiap pembelian. Sediakanlah waktu yang cukup untuk memutuskan.

Pilih Dua Sampai Tiga Pilihan
Sediakanlah waktu untuk mengeliminasi pilihan. Buanglah pilihan apapun yang tidak menyediakan fitur yang harus Anda miliki. Sempitkan daftar itu sampai menjadi dua atau tiga pilihan saja sehingga barang yang Anda miliki adalah yang terbaik.

Identifikasikan Mana Yang Cocok
Buatlah grafik sehingga Anda dapat dengan cepat membandingkan fitur – fitur dan harga dari setiap pilihan Anda dari dua atau tiga barang yang telah dipilih di atas. Misal pilihan 1 memiliki fitur yang saya ingin, harganya pun sesuai dengan anggaran yang saya miliki, tetapi warnanya bukan warna yang saya inginkan. Pilihan 2 bukan warna yang saya ingin dan harganya Rp 2 juta lebih mahal ketimbang uang yang telah saya anggarkan.

Teliti sebelum membeli
Teliti sebelum membeli

Putuskan Yang Terbaik
Pilihlah opsi pembelian yang paling cocok memenuhi kriteria Anda. Pikirkan dulu matang – matang sebelum memutuskan, karena kalau sampai salah, Anda juga yang akan rugi.

Evaluasi Pembelian
Apakah Anda melakukan pembelian sesuai anggaran? Apakah Anda merasa senang dengan pembelian tersebut? Mulailah menabung untuk barang tersebut sesegera mungkin.

Ketahui Perbedaan Anatara Kebutuhan dan Keinginan
Mengetahui perbedaan antara “keinginan” dan “kebutuhan” adalah bagian penting dalam pembelajaran mengatur uang, terutama di masa ekonomi sulit. Mudah untuk membelanjakan uang. Yang tidak mudah adalah membelanjakan uang dengan bijaksana dan berguna. Satu yang membantu Anda belanja dengan bijaksana adalah memisahkan keperluan dari keinginan, dan membelanjakan uang utamanya berdasarkan kebutuhan. Keinginan adalah bagus untuk dimiliki tetapi tidak terlalu penting. Sementara kebutuhan adalah penting, basis hidup yang harus Anda miliki untuk bertahan hidup.

Shares
Share This