Begini Cara Menghemat Baterai Smartphone

Cirebonmedia.com- Baterai merupakan suatu benda yang mampu menyimpan daya listrik, baterai sendiri kian populer setelah terciptanya smartphone. Akan tetapi Baterai smartphone yang sedang berkembang pesat mengalami masalah, yaitu cepat kehabisan dayanya.

Perangkat smartphone yang beredar di pasaran saat ini rata-rata sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Namun, risiko kehabisan baterai saat berada di tengah jalan tetap tinggi.  Dan tak jarang masyarakat kini melengkapi diri mereka dengan Power Bank yang bisa menyimpan daya listrik dengan kapasitas besar ketika sewaktu-waktu smartphone mereka kehabisan baterai, Power Bank bisa menjadi solusi masalah tersebut. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat daya baterai pada smartphone.

 Dan beginilah beberapa cara menghemat daya baterai smartphone:

Matikan Mode Getar (Vibrations)

Meskipun sinyal getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone. Matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai kamu tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.

Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Jika tidak sedang menggunakan smartphone, ada baiknya untuk mematikan segala konektivitas karena hal itu akan membuang daya baterai kamu secara percuma. Hidupkan salah satu saja jika memang diperlukan.

Kehabisan Baterai
Kehabisan Baterai

Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi yang baru saja digunakan secara benar hingga aplikasi masih banyak yang dalam keadaan terbuka walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini tentu saja membuang daya baterai dengan cuma-cuma. Jika Anda menggunakan Android, Anda hanya harus tap tombol multitasking dan Anda bisa swipe aplikasi yang tidak digunakan untuk menutupnya.

Pengaturan Brightness di Layar Smartphone

Kita sudah mengetahui  bahwa layar smartphone paling banyak mengonsumsi daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, Anda bisa setting cahaya di layar smartphone Anda agar tidak terlalu terang tapi cukup nyaman dilihat mata. Anda juga bisa menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone Anda.

Demikianlah beberapa Tips dan cara agar daya baterai smartphone Anda tidak cepat habis, tentunya Anda tidak mau membuang momen-momen penting karena kehabisan baterai, cara diatas dapat diterapkan.

Shares
Share This