Musik Memiliki Khasiat Untuk Tumbuh kembang Anak

Cirebonmedia.com– Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, musik memiliki pengaruh yang besar dan manfaat untuk pertumbuhan anak dan perkembangan awal otak anak-anak. Studi menunjukkan musik telah membantu saraf anak-anak menghubungkan dan meningkatkan keterampilan anak dalam belajar saat mereka tumbuh dewasa. Hal tersebut dapat membantu anak untuk belajar bicara lebih dini.

Anak-anak yang terlibat dalam musik seperti bermain alat musik, panggung drama, menyanyi, menari, atau memainkan musik memiliki percaya diri lebih besar. Itu adalah langkah besar untuk mengenalkan music lebih awal yang dapat  berpengaruh terhadap pembelajaran dini dan kemajuan otak anak-anak. Bernyanyi dengan anak Anda akan membantu pertumbuhan anak.

Mengutip dari harian Kompas, ketika anak-anak dikenalkan musik sejak usia 3 hingga 6 tahun dikatakan membantu perkembangan indra pendengaran. Kemudian pada usia 8 hingga 9 tahun merupakan masa dimana otak kanan maupun kiri akan terhubung. Selain itu pada penghubung otak kanan maupun kiri juga akan mengalami penebalan. Musik juga dipercaya membantu meningkatkan kecerdasan buah hati ketika dikenalkan sebelum usia 8 tahun.

Berikut ada beberapa cara musik mempengaruhi memori dan proses belajar :

  • Mengurangi stress
    Musik klasik membantu dalam relaksasi otak, sehingga mengurangi stres.
  • Meningkatkan produktivitas
    Mendengarkan musik saat melakukan tugas tertentu membantu konsentrasi lebih baik, sehingga menyelesaikan tugas tanpa kesalahan.
  • Membantu dalam menciptakan energi
    Mendengarkan beberapa lagu cepat memberikan Anda energi tambahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.
  • Meningkatkan konsentrasi
    Musik membantu dalam meningkatkan rentang perhatian kita yang diperlukan oleh kita untuk menyimpan informasi dalam memori kita.
  • Meningkatkan memori
    Beberapa jenis musik, seperti Mozart mengaktifkan kedua bagian otak – kiri dan kanan. Tindakan simultan ditemukan untuk memaksimalkan pembelajaran dan penyimpanan informasi.
  • Sebuah obat untuk depresi
    Anak-anak melewati fase ini dari anak usia dini dan karena itu musik menjadi anugerah untuk menyembuhkan depresi. Depresi dapat menyebabkan nilai yang buruk yang dapat dicegah melalui musik.

Musik-untuk-tumbuh-kembang-anak-smallBanyak sekali manfaat yang didapat dari salah satu cabang dari seni yang banyak digemari masyarakat diseluruh dunia. Dari mengobati depresi, stres hingga mampu membantu tumbuh kembang anak. Dengan bunyi-bunyi yang berasal dari harmonisasi perpaduan dari suara yang berasal dari beberapa alat musik dapat dikatakan mampu merubah dunia menjadi lebih baik. Dan bahkan, tanpa musik dunia ini tidak memiliki warna yang harmoni.

Oleh: Gina

Image By: Google.com

Shares
Share This