Keistimewaan Musik Klasik Bagi Kehidupan

Cirebonmedia.com– Musik merupakan media yang bisa menjadi wahana atau alat yang paling kuat untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan oleh manusia, tidak diragukan lagi bahwa musik dapat membangkitkan semangat dan emosi kita secara unik, banyak peneliti yang menunjukan bahwa musik tidak hanya membantu mengatasi rasa sakit, musik juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita dalam berbagai cara lainnya.

Ada salah satu genre musik yang cukup banyak di minati adalah musik klasik, musik klasik dapat mempengaruhi siapa pun yang mendengarkannya, musik ini dapat membangkitkan perasaan, meningkatkan fungsi otak, dan suasana hati. Berikut ulasan selengkapnya.

Meningkatkan Respon Fisiologis

Pada saat mendengarkan musik klasik, akan meningkatkan aliran darah ke daerah otak, mengaktifkan pusat otonom, kognitif, dan emosional. Selain itu, otak melepaskan dopamin yaitu zat kimia yang mempengaruhi suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan.

Peningkatan IQ

Sebuah penelitian menunjukan hasil bahwa, anak-anak yang mengambil pelajaran musik menunjukan kenaikan umum dalam bidang IQ. Sebuah studi menunjukan bahwa mendengarkan musik klasik mendorong bayi dalam kandungan untuk belajar membedakan berbagai jenis suara dan membantu memori auditori mereka.

Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi di tahun 2004 dari University of San Diego, menemukan bahwa setelah mendengar musik klasik, pendengar memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Mengurangi Rasa Sakit Pasca Operasi

Sebuah tim dari Inggris menunjukkan hasil yang mengagumkan dengan mengurangi dosis pemberian opiat pada orang-orang pasca tindakan operasi lambung dengan dosis stabil musik klasik. Studi lain dalam Journal for Advanced Nursing menunjukkan bahwa musik klasik dapat mengurangi rasa sakit kronis.

Peningkatan Emosional

Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan emosi seseorang, mereka lebih ekspresif dan efusif dalam mengutarakan pendapat.

Mengurangi Resiko Stress

Ketika mendengarkan musik klasik, beberapa organ tubuh mengalami efek yang menenangkan, seperti melambatnya debaran jantung serta pernafasan menjadi lebih dalam. Hal ini terjadi karena ketika mendengarkan musik klasik otak dipaksa melepaskan endofrin, sehingga dapat menjadikan tubuh rileks secara alami.

Selain itu, musik klasik juga dapat mengurangi stres dan menenangkan suasana hati. Terapi musik adalah cara yang aman dan termurah untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Meningkatkan Memori (daya ingat)

Manfaat mendengarkan musik klasik memiliki efek yang pasti pada perkembangan memori. Musik klasik akan membantu dalam retensi dan belajar keterampilan pendengar. Ketika mendengarkan musik klasik terjadi rangsangan pada jalur otak, yang memproses penalaran spasial.

Hal ini adalah fungsi yang rumit dari otak kita yang dikenal sebagai penalaran spasial-temporal. Kemampuan ini membantu manusia belajar ilmu abstrak, rencana dan berpikir ke masa depan.

Membantu Bayi Dalam Kandungan Menjadi Lebih Aktif

Musik klasik yang diperdengarkan pada bayi semasa dalam kandungan akan membantu syaraf motorik bayi agar lebih aktif, sehingga bayi (janin) bisa bergerak lebih aktif. Hal itu dikarenakan irama musik klasik mirip dengan detak jantung sang ibu.

Selain itu, irama dan nada yang didengarkan secara rutin anak dalam kandungan dapat membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar misalnya perbandingan, pengulangan dan pergantian suara.

musik klsasik 500X500Memaksimalkan Fungsi Kerja Otak Kanan

Manfaat musik klasik berguna untuk meningkatkan fungsi kerja otak kanan, sehingga fungsi daya otak bisa seimbang. Walaupun belum ada bukti bahwa dengan mendengarkan musik klasik, otak akan menjadi cerdas, tetapi musik klasik untuk merupakan salah satu cara terapi pada anak, musik klasik dapat melatih sistem kerja otak kanan anak.

 

Itulah betapa pentingnya sebuah musik dalam kehidupan kita, bukan hanya untuk sarana menenagkan diri tapi juga untuk berbagai fungsi kesehatan tubuh kita sendiri.

 

Oleh: Shalom

Image By: Google.com

Shares
Share This