Manfaat Gaya Hidup Minimalis

Hampir setiap orang memiliki sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu mereka butuhkan. Mereka bisa hidup tanpa hal tersebut, tapi terus menyimpannya bahkan mereka menambahnya dengan membeli benda-benda yang juga kurang fungsional.

Saat menerapkan gaya hidup minimalis, sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan perlu segera disingkirkan atau diganti dengan sesuatu yang lebih berguna.

Namun gaya hidup minimalis tak sebatas membereskan kekacauan di rumah atau menciptakan lingkungan tinggal yang rapi dan sedap dipandang mata, gaya hidup minimalis memberikan implikasi yang lebih bagi kehidupan orang yang menerapkannya.

Masih dengan slogan prinsip minimalis yang khas yaitu “less is more”, gaya hidup minimalis mengajak kamu untuk serba mengurangi segala yang berlebihan dalam hidup. Bukan berarti kamu harus membuang berkilo-kilo pakaian di dalam lemari atau memiliki barang sesedikit mungkin.

Permasalahannya bukanlah seberapa kurang, namun seberapa bernilai setiap yang kamu miliki sehingga bisa memberikan makna berarti ke dalam hidupmu. Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari gaya hidup minimalis.

1. Memiliki kebebasan yang lebih

Semakin memiliki banyak barang, semakinlah kamu merasa terikat. Keterikatan ini meningkatkan rasa takutmu  akan kehilangan sesuatu yang dimiliki.

Gaya hidup minimalis mengajarkan kamu untuk melepaskan sesuatu yang dimiliki dengan penuh kerelaan, serta membebaskan kamu dari rasa takut. Efek yang timbul setelah menerapkan bagian dari gaya minimalis ini membuat kamu merasa lebih bebas dan bahagia.

2. Lebih sehat dan terbebas dari stres

Gaya hidup minimalis baik untuk menjaga kesehatan fisik dan psikologis manusia. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan, sebenarnya kamu menciptakan ruang kosong yang baru dan memungkinkan kamu untuk bernafas lebih lepas.

Gaya hidup minimalis secara tidak langsung menghindari kamu dari perilaku konsumtif yang kerap kali merugikan sehingga kamu terbebas dari tekanan dan tuntutan sosial yang bersifat materil.

3. Lebih fokus mencapai tujuan hidup

Gaya hidup minimalis membuat seseorang merasa lebih bisa memegang kendali terhadap dirinya sendiri.Oleh sebab itu, para pelaku gaya hidup minimalis bisa lebih fokus menata kehidupan mereka ke depannya karena mereka merasa lebih berani dan tidak takut kehilangan apapun. Kepercayaan diri yang diperoleh dengan menerapkan gaya hidup minimalis ini akan menjadi modal untuk kamu meraih kebahagiaan dan pencapaian selanjutnya.

Untuk mulai menerapkan gaya hidup minimalis, kamu perlu mengenali dan menggali apa saja yang dapat memberikan makna berarti di dalam hidupmu.

4. Kaya akan pengalaman

Setiap orang yang menjalankan gaya hidup minimalis menganggap diri mereka adalah orang terkaya di muka bumi ini. Para pelaku gaya hidup minimalis tidak mendefinisikan kekayaan dari sebarapa banyak uang dan aset yang mereka miliki, melainkan sebarapa banyak pengalaman yang telah mereka lalui.

Dibandingkan membeli atau mengonsumsi, mereka memilih untuk menikmati pengalaman baru. Mereka lebih suka menginvestasikan uang untuk melancong dan bepergian ke tempat-tempat yang memberikan pelajaran hidup baru untuk mereka.

Shares
Share This