Tips Untuk Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang bisa menarik perhatian orang lain. Khususnya bagi wanita, bibir merupakan salah satu hal yang melambangkan kecantikan. Memiliki bibir pecah-pecah pasti sangat membuat geram. Selain membuat riasan bibir sulit menempel dengan sempurna, kondisi ini juga terkadang membuat Anda tak bisa menahan diri untuk mengelupaskan kulit bibir yang kering. Akibatnya, hal ini justru membuat bibir menjadi perih bahkan hingga berdarah. Nah, untuk mencegah masalah yang muncul pada bibir, berikut hal yang perlu Anda lakukan:

1. Hentikan kebiasaan menjilat bibir

Jika anda memiliki kebiasaan untuk menjilat bibir, sebaiknya anda harus memulai menghilangkan kebiasaan tersebut sekarang. Pasalnya saat anda menjilat bibir, air liur akan menempel dibibir anda dan menghilangkan minyak alami pada bibir. Oleh karena itu, kebiasaan membasahi bibir dengan menjilatnya membuat bibir kering dan pecah-pecah.

2. Rajin mengoleskan pelembap bibir

Untuk mencegah bibir pecah-pecah, Anda harus rajin mengoleskan pelembap bibir seperi minyak zaitun, petroleum jelly, atau lip balm Apapun jenisnya, pastikan untuk mengoleskannya di pagi hari dan sebelum Anda beranjak tidur. Anda juga bisa memakainya kapan pun saat bibir mulai terasa kering.

3. Rutin mengeksfoliasi kulit bibir

Eksfoliasi menjadi salah satu proses penting untuk mencegah bibir pecah-pecah. Anda bisa mengeksfoliasi bibir setelah menyikat gigi. Sikatlah bibir menggunakan sikat gigi dengan lembut saat mandi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi menggunakan butiran gula yang dicampur dengan madu atau minyak zaitun.

4. Jangan sampai kekurangan cairan tubuh

Dehidrasi menjadi salah satu pemicu kekeringan pada bibir dan juga kulit. Oleh karena itu, Anda perlu minum cukup air untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, bibir tetap terlihat sehat dan segar tanpa adanya bagian yang kering dan pecah-pecah.

5. Penuhi kebutuhan nutrisi

Kekurangan Vitamin B, Vitamin C, Zat besi, ataupun lemak esensial dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk itu anda harus tetap memperhatikan asupan nutrisi tersebut agar mencegah bibir anda kering dan pecah-pecah, dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran ataupun suplemen multivitamin.

6. Jangan bernafas lewat mulut

Bernafas lewat mulut ternyata menjadi salah satu penyebab bibir bisa kering dan pecah-pecah. Jadi, sebisa mungkin bernafaslah lewat hidung untuk mencegahnya.

Shares
Share This