Tidak Selalu Merugikan, Marah juga Punya Keuntungan

Marah seringkali dianggap emosi yang negatif, karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, dan sering dikaitkan dengan kekerasan.  Namun tanpa kamu ketahui, jika kemarahan yang dialirkan secara benar dan wajar dapat membawa dampak positif lho.

Dibawah ini mrupakan keuntungan dari melampiaskan amarah, diantaranya :

1. Marah membuat kita bisa berkata lebih jujur

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali berbincang dengan orang lain. Biasanya kita akan memilih terlebih dahulu kata-kata yang akan dikomunikasikan agar kata tersebut tidak menyinggung. Akibatnya, maksud yang ingin kita sampaikan jadi tidak jelas.

Namun, marah bisa membuat seseorang melupakan tentang menyaring kata-kata dan mengungkapkan semuanya secara jelas dan jujur. Karena dalam keadaan marah kita cenderung lebih mudah untuk menyuarakan pendapat.

2. Marah membuat lebih optimis

Menurut penelitian di Carnegie Mellon University , ketika kita dihadapakan olehsituas stres, kemarahan bisa membantu kita untuk lebih terkontrol dan membuat kita merasa lebih optimis tentang masa depan.

Dibandingkan orang yang sering menahan emosi dan membuatnya menderita, orang yang mampu menyuarakan kemarahannya ternyata lebih optimis dengan hidupnya.

3. Marah membuat kita lebih kreatif

Penelitian telah menunjukan bahwa marah membantu kita untuk berpikir lebih kratif. Orang yang pemarah menghasilkan ide-ide unik dan cepat dibandingkan dengan mereka yang bersifat normal. Kemarahan membuat kita jadi fleksibel dan terstruktur.

4. Marah membuat pikiran kita terbuk

Dalam pekerjaan, berdebat adalah hal yang wajar. Nah dalam kondisi ini para pemarah lah yang pemikirannya paling terbuka, kenapa ? Karena orang yang marah cenderung suka berdebat, berwawasan luas dan mempelajari posisi lawan untuk memberi kesempatan mereka berbicara.

5. Marah bisa menyelamatkan hubungan

Orang yang sering menahan kemarahan dan kekecewaan dalam hubungan cinta biasanya akan merugikan dirinya sendiri dan hubungan cintanya. Nah, dengan meluapkan kemarahan bisa mengungkapkan kekecewaan tersebut. Dan jika kemarahan itu disampaikan dengan benar dan ditanggapi dengan baik, kemarahan tersebut bisa menjadi penyelamat hubungan cinta, pertemanan dan keluarga.

6. Kemarahan bisa mencegah kekerasan

Orang yang marah seringkali diikuti oleh tindakan kekerasan. Namun, kemarahan juga justru bisa menyelamatkan seseorang dari tindakan kekerasan. Orang yang marah disertai oleh kekerasan fisik, bisa terjadi karena rasa kesal yang sudah menumpuk terlalu lama. Namun, dengan mengungkapkan kemarahan yang benar dapat mencegah bom waktu tersebut meledak

 

Meskipun kemarahan mempunyai sisi positif, tapi jangan sampai kemarahnmu menyebabkan kerugian untuk dirimu sendiri dan orang lain. manfaatkanlah perasaan marah tersebut untuk menyelesaikan suatu masalah.

Marah dapat bermanfaat disaat kamu bisa mengontrol dan mengalirkan kemarahanmu secara baik dan benar.  Mengungkapkan kemarahan memang baik namun jangan sampai emosi marah itu meledak-ledak dan menimbulkan

Shares
Share This