Kamu Moody-an ? 6 Cara Ini bisa Bantu Agar Mood Lebih Baik

mungkin kamu dikenal, teman, pacar, atau keluarga sebagai si moody. meski kita sering mengira sebaliknya, perubahan mood yang tiba-tiba nggak selalu punya penyebab pasti. Bisa saja penyebabnya ada di alam bawah sadar kita atau kejadian-kejadian lampau juga bias tiba-tiba merusak mood kita pada saat itu.

tidak hanya itu, mood yang sering berubah-ubah juga bisa disebabkan hal-hal kecil kalau tidak dikontrol dengan baik, nanti malah bias bikin celaka.

Jadi gimana sih cara mengontrol sifat moody ini ? kamu bias ikuti cara-cara sederhana ini !

1. Cara yang paling sederhana, ubah mood negatifmu dengan “berpura-pura ceria”

Pura-pura di sini bukan berarti palsu. Maksudnya adalah mencoba untuk tetap menampilkan senyum menyenangkan dan tidak menampakkan wajah muram. Menurut Steven Berglas, psikolog dan mantan dosen Harvard Medical School, tindakan sederhana ini saja bisa membantu mood-mu pulih perlahan-lahan.

2. Ubahlah rutinitas dan makan-makanan yang sehat

kebiasaan hidup sehat memang bisa membantumu memelihara mood ceria. Sesi olahraga rutin, misalnya, akan membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuatmu lebih rileks. Sementara itu, makanan bergizi dan penuh serat akan mencukupi kebutuhan energimu — mencegahmu terserang mood swing gara-gara level energi yang rendah.

3. Lakukan hal kecil yang membuatmu merasa mencapai sesuatu

perasaan sudah mencapai sesuatu sangat penting untuk mengembalikan mood-mu. Nggak, kamu nggak harus jadi selebgram atau mencapai puncak Rinjani dulu kok supaya bisa memiliki perasaan ini. Dapatkan saja sense of achievement-mu dengan hal-hal sederhana seperti bersih-bersih kamar ,cuci baju, mengelap sepatu, atau membersihkan laptop. Dijamin, mood positifmu akan kembali lagi!

4. Relakskan badanmu dengan mandi air hangat dan minum teh panas

Jangan remehkan sensasi nyaman dalam secangkir teh hangat atau shower air hangat. Penelitian Universitas Yale mengungkap bahwa anak muda yang memasukkan kedua hal ini ke dalam ritual mereka punya mood yang lebih stabil dan ceria dibanding mereka yang tidak. Mandi air hangat dan minum teh hangat memang bisa membantu menyingkirkan mood negatif dengan instan.

5. Coba singkirkan masa lalu yang hingga kini masih jadi benalu

Penyebab sifat moody-mu mungkin saja justru sesuatu yang sudah terjadi bertahun-tahun lalu. Coba deh jujur ke dirimu sendiri: apakah kamu mungkin punya pengalaman buruk yang selama ini hanya kamu simpan sendiri?

Tak perlu malu jika kamu memang memiliki pengalaman seperti ini. Justru jika dibiarkan, pengalaman ini akan terus membuatmu moody. Bahkan bisa saja, sifat moody-mu bertambah parah.

6. Mood mu boleh rusak tapi sifat mu jangan sampai ikutan rusak

Hey, coba deh tetap sopan pada teman-teman dan orang di sekitarmu — bahkan ketika mood-mu sedang buruk-buruknya. Berbuat baik ke orang sekitar, sesungguhnya menolong mood positifmu kembali lagi. Jadi lain kali, saat sifat moody-mu menyerang, berusahalah untuk tetap berlaku baik. Jangan galak ke teman-teman, kalau bisa dengarkan cerita mereka dan beri pertolongan andai dibutuhkan. Dijamin deh, dengan melakukan ini, mood buruk nggak akan mengendap lama-lama

Shares
Share This