Manfaat dari Senyumanmu

ilustrasi-tersenyum
ilustrasi-tersenyum

Senyuman merupakan hal yang lebih dari sekedar ungkapan rasa bahagia dan senang. Setiap orang pasti pernah tersenyum, entah itu saat sendiri maupun berada di lingkungan sosial, namun bukan hanya memberi sinyal bahwa kita bahagia, tapi kita bisa tersenyum untuk tujuan sosial tertentu, karena senyuman dapat mengirimkan segala macam ‘sinyal’ yang berguna untuk orang lain.

Baerikut manfaat sari senyumanmu yang dapa mengirimkan sinyal pada orang lain :

Membuat Orang Lain Percaya Pada Kita

Dalam sebuah lingkungan, dimana semua orang bisa berbohong. Salah satu sinyal yang membuat kita dapat dipercaya orang lain adalah dengan tersenyum. Senyum yang tulus dapat membuat orang lain percaya dan mau bekerja sama dengan kita.

Pembelaan Diri dari Malu

Senyuman juga dapat berguna saat kamu sedang “Ngeles” karena malu. Coba kamu ingat-ingat, jika kamu melakukan hal ceroboh di depan umum ? pasti tersenyumkan bukan ?

 Rasa malu dan senyuman berfungsi untuk keluar dari sebuah lingkungan sosial yang menekan (Kelter & Buswell, 1997). Senyum yang kita lakukan saat malu dan kadang disertai oleh tawa kecil bermanfaat agar kita menyadari sebuah kesalahan.

Tersenyum Agar Tidak Dianggap Buruk

Saat kita bertemu dengan seorang klien atau seseorang yang penting, kita akan memilih untuk tersenyum untuk kesopanan, sehingga kita dapat menghindari perasaan buruk orang lain terhadap kita.

Tersenyum untuk menghasilkan uang

Senyuman juga bisa membuat kita mendapatkan uang. Secara umum, dalam dunia industri jasa, seperti pramugari dan perhotelan, pegawai  dibayar hanya karena tersenyum kepada pelanggan. Namun, tetap berhati-hati karena senyum seperti ini dapat menimbulkan kelelahan fisik saat bekerja.

Tersenyumlah dengan (setengah) dunia tersenyum denganmu

Kebahagian yang tercipta saat kita bersosialisasi adalah ketika kamu tersenyum kepada seseorang dan mereka balas tersenyum kembali. Penelitian yang dilakukan Hinsz dan Tomhave (1991) bahwa 50% orang membalas senyuman. Sebagai perbandingan, hampir tidak ada oang yang menganggapi senyuman dengan kerutan dahi.

Sekarang kamu sudah tahu tentang manfaat dari senyuman. Jadi, terseyumlah sebelum senyum itu dilarang!!

Shares
Share This