Ketahui 4 Kepribadian Manusia Selain Introvert, Ekstrovert dan Ambivert

Ilustrasi-4-kepribadian-manusia
Ilustrasi-4-kepribadian-manusia

Kepribadian merupakan hal unik dan khas yang dimiliki oleh seorang manusia. Umumnya kita sudah mengetahui tentang teori pribadi introvert, ekstrovert dan ambivert. Ketiga kepribadian tersebut cukup populer di kalangan masyarakat. Namun, tahukah kamu bahwa selain ketiga teori kepribadian tersebut, masih ada teori lain yang menjelaskan tentang kepribadian manusia.

Menurut teori Hippocrates-Galenus yang digaungkan oleh Hippocrates dan disempurnakan oleh Galenus, bahwa manusia mempunyai 4 kepribadian sesuai dengan unsur dalam alam semesta, yaitu : Kering (chole), Basah (melanchole), Dingin (plegma), dan Panas (sanguis).

Dari keempat unsur tersebut, Galenus mengemukakan adanya dominasi salah satu unsur yang menyebabkan seseorang mempunyai kepribadian khusus. Kemudian beliau mengklarifikasikan kepribadian manusia berdasarkan aspek tempramen, sebagai berikut :

Koleris

Orang dengan pribadi ini cenderung memiliki jiwa memimpin yang bagus. Orang koleris memiliki gaya bicara yang tegas dan tidak kenal basa-basi. Mereka juga selalu optimis dan pekerja keras. Namun, pribadi ini cenderung suka memerintah, sangat suka dengan pertentangan, mudah tersulut emosi, dan keras kepala.

Melankolis

Individu ini memiliki kepribadian yang cenderung mirip dengan introvert. Individu ini merupakan pribadi yang tertutup dan tidak suka bergaul. Mereka lebih suka menghindar dari keramaian dan memilih untuk menyendiri. Namun, pribadi ini merupakan individu yang analitis, perfeksionis, hemat dan serius. Banyak orang yang melankolis cenderung sukses menjadi seorang pengusaha yang hebat.

Plegmatis

Tipe plegmatis merupakan bentuk pribadi yang cinta akan kedamaian. Mereka dengan pribadi plegmatis merupakan pendengar yang baik, memiliki selera humor tinggi, suka bergaul, dan tenang. Namun, seorang plegmatis biasanya suka menunda-nunda sesuatu, penakut, egois, dan tidak suka dipaksa.

Sanguinis

Tipe terakhir ini merupakan pribadi yang sedikit kekanakan. Mereka dikenal sebagai pribadi yang populer karena kepandaiannya dalam besosialisasi. Mereka juga sangat suka berbicara, hangat, antusias, dan ramah. Namun, sisi negatif dari pribadi ini, individu cenderung agak sulit fokus, seorang yang pelupa, egois, suka terlambat dan sering membesar-besarkan masalah yang kecil.

Lalu dari keempat pribadi di atas kamu merupakan pribadi yang mana ?

 

Shares
Share This