Hargai Perbedaannya

ilustrasi-perbedaan
ilustrasi-perbedaan

Manusia diciptakan berbeda, begitu pula dengan alam semesta. Bukankah itu adalah hal yang lumrah ? tapi mengapa masih banyak yang menganggap sebuah perbedaan adalah hal yang tabu, mereka memaksakan agar bisa menjadi sama apa yang memang seharusnya berbeda.

Lihat lah sebuah piano yang tuts nya berwarna hitam dan putih, mereka berbeda namun masih tetap bisa menghasilkan musik yang indah. Lihat lah juga pada pelangi, meskipun memiliki banyak warna, namun tetap telihat mempesona.

Pernah membayangkan apa jadinya jika pelangi hanya memiliki 1 warna atau dunia ini hanya berwarna putih ? pasti kita akan merasa bosan, karena kita tidak akan tahu apa itu keindahan, kita juga tidak akan mengenal berbagai macam warna. Untuk itu sebuah perbedaan diciptakan.

Perbedaan yang tuhan ciptakan bukan bertujuan sebagai pemecah namun sebagai pelengkap yang lainnya. Namun, perbedaan itu sering kita tinggalkan, dengan memaksakan apa yang menurut kita terbaik kepada orang lain. Entah itu tentang agama, pemikiran, kelakuan ataupun yang lainnya.

Jangan pernah berharap bahwa  orang lain menjadi serupa dengan kita, karena setiap manusia berbeda, setiap hal didunia ini memiliki perbedaan, untuk itu jangan mencoba meniadakan perbedaan, karena perbedaan-lah yang menciptakan keindahan, kekuatan, dan kebahagiaan di hidup kita.

Dengan kita berbeda kita akan belajar untuk mencari sebuah kesamaan, dengan kita berbeda kita belajar untuk menghormati yang lain dan karena kita berbeda berarti diri kita istimewa. Untuk itu hargai dan terima lah perbedaan yang ada.

 

Shares
Share This