Jangan Takut Kata “Gila” jika Ingin Sembuh

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Entah itu karena masalah keluarga,pekerjaan, percintaan, dll. Stres ini, jika tidak dikelola dengan baik maka bisa menyebabkan masalah pada tubuh kita baik itu fisik ataupun psikis.

Sebagian orang dapat menangani stres ini dengan bercerita kepada keluarga, teman atau sahabat. Namun, itu tidak berlaku bagi sebagian yang lain, untuk itu diperlukan seorang ahli yang dapat membantu untuk menangani masalah tersebut. Peran psikolog dan psikiater sangat dibutuhkan untuk ini.

ilustrasi-pergi-ke-psikolog
ilustrasi-pergi-ke-psikolog

Berkunjung ke psikolog ataupun psikiater bukan berarti kita gila, tapi berkunjung ke ahlinya, justru membuat kita memahami kondisi diri kita sendiri dan mencari cara agar kita bisa sembuh.

Tidak ada yang salah dengan mengalami penyakit mental, yang salah itu ketika kita  menyadari bahwa kita memiliki penyakit mental dan tidak mau bekonsultasi dengan ahlinya, karena takut dijadikan bahan cemoohan orang-orang.

Jika itu semua dilakukan, yang akan terjadi adalah penyakit mental yang kita alami akan semakin memburuk dan membuat diri kita sendiri menderita.

Untuk itu kita perlu untuk memeriksakan diri kita kepada ahlinya, agar kita bisa mendapatkan bentuk pengobatan yang sesuai dan tepat untuk bisa sembuh.

Jangan takut untuk pergi ke seorang psikolog atau psikiater. Jangan takut akan kata gila yang tersemat untuk orang yang pergi ke psikolog, karena dengan pergi ke psikolog artinya kita tau bahwa penyakit mental yang kita punya tidak bisa dianggap remeh dan juga karena kita mencintai diri kita sendiri.

Entah bagaimana pendapat orang luar tentang kita, karena yang merasakannya adalah diri kita, kita melakukannya untuk kita sendiri, dan yang membutuhkannya adalah diri kita sendiri.

Shares
Share This