Kemajuan Teknologi Berbanding Terbalik Kemunduran Mental Manusia

Era Globalisasi tentunya kita tidak ingin tertinggal oleh kemajun jaman. Semua serba menggunakan tehnologi super canggih dalam keseharian hidup.

Hampir semua orang menggunakan Gadget atau dalam bahasa Indonesia dikenal juga istilah Gawai. Apasih sebenarnya Gadget itu?

Gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil.

Keseharian yang sangat akrab dengan kita Gadget berupa Smartphone. Dulu kita hanya mengenal Handphone yang kegunaanya hanya untuk telepone dan SMS. Namun hadirnya smartphone kita kini bisa telpon, sms, masanger, Gadgetchatting, medsos, bahakan bisa berbisnis dan bekerja menggunakan smartphone tersebut.

Bukan hanya kalangan terpelajar atau anak muda saja menggunakan  ini. Bahakn anak usia dini sampe manula pun menggunakanya dengan berbagai macam fungsi. Tidak pula hanya di kota namun pelosok desa sudah menggunakanya.

Kemajuan tehnologi ini sangat mempermudah akses segala kehidupan. Lebih mudah berinteksi, lebih dekat kendati jarak memisahkan, biasanya daerah pelosok kerap kali menggunakan gadget untuk melakukan Vidio Call dengan keluarga yang bekerja di kota atau bahkan di luar negeri.

Namun sungguh disayangkan kemajuan tehnologi ini membuat terlena sebagian orang. Rasa empati terhadap korban musibah pun terkikis.

Banyak sekali di media sosial kita melihat orang berswafoto di lokasi bencana, menjadikan tempat bencana sebagai objek untuk status di media sosial bahakan dipergunakan pencitraan oleh oknum yang ingin dipuji.

Lebih ironis lagi saat kita melihat di media sosial saat ada kecelakan banyak orang berkumpul bukan untuk menolong namun sibuk memfoto korban. Banyak juga yang langsung melakukan live (siaran langsung), sedangkan korban yang merintih menjerit tidak ada yang menyentuhnya entah dengan alasan apa.

Inilah sisi kemajuan tehnologi yang mengikis rasa kemanusiaan. Apapun alasanya kalau jaman dulu saat ada korban kecelakaan langsung dilarikan ke rumah sakit mau pake mobil siapapun atau pake motor bahkan ada juga yang menggendongnya.

Saya hanya ingin mengingatkan saja kepada para pengguna gadget agar tidak mengesampingkan nilai kemanusiaan. Tolonglah dulu korban kecelakaan bukan mengambil foto atau vidio korban untuk kepentingan pribadi memperkaya perbendaharaan foto atau vidio di media sosial.

Gunakan kemajuan tehnologi untuk memajukan kehidupan kita. Cerdas menggunakan Gadget untuk menolong sesama, memberi informasi dengan cepat, tentunya akan semakin membuat persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai kemajuan tehnologi membuat mental kita menjadi primitif yang tidak peduli pada sesama.

 

Shares
Share This