Perlu Diketahui! Etika Saat Menaiki Angkutan Umum

Suasana didalam kereta. Sumber: Pexels Picture

Transportasi umum memang menjadi salah satu solusi jitu untuk meminimalisir adanya kemacetan dan polusi udara yang berlebih di perkotaan. Ada jasa transportasi umum yang hanya mengantar kita sendiri(atau bersama keluarga dan kerabat) langsung ke tujuan yang kita inginkan dan bahkan mengantar hingga ke depan pintu rumah, misalnya taksi dan ojeg (yang konvensional ataupun dengan aplikasi) dan ada juga transportasi umum yang kita tumpangi bersama-sama dengan penumpang lainnya dan hanya mengantar kita sesuai dengan trayeknya, misalnya angkot dan bis kota.

Orang-orang yang sering atau bahkan setiap hari menggunakan jasa transportasi umum biasanya sudah paham dengan berbagai etika yang harus di lakukan ataupun harus di hindari selama menggunakan transportasi umum. Namun untuk orang-orang yang hanya sesekali menggunakan jasa transportasi umum, seringkali tidak paham dengan etika-etika tersebut.

Antri Dengan Tertib

Contohnya pada saat mengantri membeli tiket kereta sering kali kita di serobot saat antri untuk membeli tiket kereta Commuter, kebanykan pelakunya adalah mereka yang masih muda dan gak tau diri, seharusnya kita mendahulukan lansia. dengan mengantri tertib antrian pun dapat berjalan lancar.

Dahulukan Penumpang Yang Turun

Tunggu penumpang yang hendak turun dari kendaraan umum yang akan anda naiki sampai selesai semua. Selain tidak akan berdesakan saat naik, pastinya di dalam angkutan kita akan lebih leluasa karena lebih banyak ruang kosong. Kalau masih memaksakan untuk naik di saat ada penumpang turun, pasti agan bakal kena marah atau bahkan di teriakin copet, atau bisa juga agan akan kena copet.

Jangan Berada di Dekat Pintu Masuk atau Pintu Keluar

Selain karena akan menghalangi para penumpang yang akan naik atau juga turun, apabila kita berada di dekat pintu masuk kita juga akan terganggu dengan aktifitas para pemumpang yang naik/turun tersebut.

Berikan Tempat Duduk Kepada Yang Membutuhkan

Berikan tempat duduk anda kepada orang-orang yang di prioritaskan. contohnya adalah lansia, ibu hamil, orang cacat, dan lainnya. Selagi kita masih bisa untuk berdiri berikanlah mereka tempat duduk.

Tempatkan Tas Didepan

Jika kalian berpergian membawa tas  di saat naik angkutan umum sebaiknya tas di tempatkan di depan bagian depan. Selain akan membuat lebih leluasa bergerak di angkutan umum, juga lebih aman dari para pencopet.

Bayar Sesuai Tarif Yang Berlaku

Menggunakan transportasi umum pastinya kita harus memberikan upah atau bayaran, Walau mungkin pengemudinya tersebut adalah teman kita atau kerabat yang dekat dengan kita, tapi jangan berpikir mereka tidak butuh uang dari kita. Karena pengemudinya membutuhkan biaya hidup, setoran, membeli bahan bakar serta untuk biaya perawatan kendaraan. Dan bahkan untuk membayar cicilan kendaraan apabila angkutan umum tersebut adalah miliknya pribadi.

 Menghargai Penumpang Lainnya, Termasuk Menghargai Pengemudinya

Hargailah penumpang lainnya karena mereka juga membayar seperti kita, jadi jangan pake angkat kaki di angkutan umum dan gak perlu berisik juga. Apalagi mengeluarkan komentar-komentar yang bikin kuping penumpang lain panas.

Jangan Melakukan Perbuatan yang Menganggu Penumpang lain 

Beberapa contohny adlah Jangan Merokok, Jangan Meludah, Jangan Kentut, Jangan Buang Sampah Sembarangan dan Gak Perlu Pake Handsfree Terus Nyanyi-nyanyi atau Joged-joged Gitu karena itu semua dapat menganggu penumpang lainnya.

Siapkan Uang Pas

Hal ini di maksudkan agar kita tidak membuat perjalanan menjadi tertunda atau membuat antrian semakin lama. Bahkan kita juga bisa menjadi penyebab kemacetan apabila angkutan yang kita tumpangi berhenti sembarangan dan harus menghitung uang kembalian.

Mempersiapkan Diri Sebelum Turun

Sebaiknya, kira-kira 100 meter sebelum angkutan yang kita tumpangi akan sampai di tempat tujuan, kita telah mempersiapkan diri, barang bawaan serta orang-orang yang kita ajak untuk berada di dekat pintu turun. Sebelum bilang “kiri bang…” beri jarak dan waktu yang cukup kepada sang pengemudi untuk berhenti dengan aman di tempat tujuan agan.

Gunakan Pakaian Yang Sopan

Terutama kepada penumpang wanita yang akan naik kendaraan umum. Gak perlu berpakaian yang ketat, seksi dan minim saat naik kendaraan umum. Kecuali sista emang dengan suka rela untuk jadi korban pelecehan seksual di angkutan umum. Dan kepada para laki laki juga berpakaianlah yang sopan karena itu juga menandakan kepribadian anda. jangan sampai memakai pakaian layaknya preman karena anda bisa dicurigai sebagai orang tidak benar atau lainnya
Shares
Share This