Suka Ngemil di Malam Hari? Inilah 5 Alasan yang Membuat Badanmu Gemuk

Cirebon Media – Siapa sih yang tidak suka ngemil? Apalagi jika ngemilnya di malam hari, ditambah jika acara ngemil tersebut dilakukan bersama pasangan atau keluarga tercinta dan sambil nonton TV. Makan camilan di malam hari adalah godaan terbesar apalagi bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Makan camilan di malam hari memang dapat menyebabkan naiknya berat badan. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang memperkuat asumsi tersebut.

Waktu makan di malam hari ini sangat berakibat buruk pada tubuh dan akan beresiko terserang penyakit diabetes, kolestrol dan resiko obesitas. Ada juga yang berpendapat bahwa ngemil di malam hari dapat menyehatkan tubuh, tetapi ada aturan yang harus kita penuhi baik itu waktu atau jenis makanan yang dikonsumsi. Tetapi kebanyakan orang mengonsumsi tanpa memperhatikan aturan. Dan membuat badan menjadi gemuk.

 

 

Berikut adalah alasam mengenai ngemil di malam hari yang dilansir dalam Boldsky.

  1. Lambatnya Pencernaan

Perlu kita ketahui bahwa proses pencernaan di malam hari akan melambat. Apalagi jika kamu sering ngemil di malam hari, maka berat badan kamu menjadi naik dan akan melebar. Tentunya sangat mempengaruhi penampilanmu.

  1. Ritme Sirkadian Tidak Normal

Ketika kamu begadang dan ngemil malam hari, ternyata hal tersebut dapat mengacaukan ritme sirkadian. Apa itu ritme sirkadian? Ritme sirkadian adalah sebutan dari hormon-hormon yang bekerja mengikuti ritme. Ketika ritme terganggu, maka yang terjadi adalah gangguan pada metabolisme tubuh dan produksi hormon.

  1. Makanan Tidak Sehat

Kebanyakan orang mengonsumsi camilan yang tidak sehat, tanpa memperhatikan jenis makanan. Camilan yang tidak sehat terdapat zat tambahan serta zat pengawetnya yang membuat tubuh terpenuhi oleh kalori yang sedari itu menyebabkan obesitas.

  1. Resistensi Insulin

Kinerja insulin mengikuti ritme sirkadian. Meningkat dan merosotnya insulin ini memang dikarenakan oleh ritme tersebut. Jika kamu begadang dan ngemil di malam hari maka ritme sirkadian dan kinerja insulin pun ikut terganggu. Dan bisa memicu obesitas dan diabetes.

  1. Pola Makan

Jika kamu sering makan camilan di malam hari, tentunnya akan berdampak buruk pada kesehatan. Kebanyakan makan camilan akan membuat kamu terus lapar dan pola makan menjadi tak terkontrol.

Nah, itulah beberapa alasan yang membuat badanmu cepat gemuk karena sering makan di malam hari. Jika kamu ingin mempunyai badan yang ideal, maka hindarilah makan cemilan di malam hari.

Penulis : Euis Komalasari

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/598ff4f4d9d770105e8b4567/ngemil-saat-malam-hari-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta/?ref=homelanding&med=hot_thread

http://www.sebelumsesudah.com/hidup-sehat/inilah-5-alasan-mengapa-ngemil-di-malam-hari-akan-membuat-gemuk

 

Shares
Share This