Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan

Cirebonmedia.com- Segala makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan memiliki fungsi dan manfaat yang baik bagi makhluk hidup lainnya dan salah satunya adalah buah-buahan. Memang buah merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di dunia dengan khasiat dan manfaat yang baik bagi makhluk hidup lainnya, salah satunya ialah buah mangga.

Buah mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Buah ini berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang lalu. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh.

Buah mangga telah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Selain sehat untuk tubuh, buah mangga juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Mangga mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C dan vitamin E. Selain itu mangga juga mengandung mineral yang penting bagi tubuh. Belum lagi kandungan serat alaminya yang baik untuk pencernaan.

Lalu, apa sajakah manfaat buah mangga untuk kecantikan? Berikut adalah manfaat buah mangga bagi kecantikan:

Anti-penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Mangga yang memiliki manfaat bagi kecantikan
Mangga yang memiliki manfaat bagi kecantikan

Mencerahkan kulit yang terbakar matahari

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mengembalikan kondisi kulit yang terbakar matahari. Jika kulit terbakar matahari, Anda bisa memanfaatkan kulit mangga yang sudah matang untuk mengobatinya. Gosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan 10 sampai 15 menit. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali atau tiga kali seminggu untuk hasil maksimal. Lengkapi dengan konsumsi rutin mangga untuk mempercepat pemulihan sel kulit dari dalam.

Melembabkan rambut

Mangga juga baik untuk rambut karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum alami untuk melembabkan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Shares
Share This