Rubik’s Cube si Kubus Ajaib

Bams Putra Bams Putra
  • 4 minggu
  • 76
  • 0

Hai sahabat Cirebon Media! Kali ini kita akan membahas permainan Rubik. Kubus Rubik adalah permainan teka-teki  yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat sekaligus profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 27 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya (Wikipedia).

Sejarah penemuan kubus ajaib ini tidak kalah menarik untuk dibahas. Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya sebagai alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D, tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai ia mengacak Kubusnya untuk pertama kali dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya ke posisi semula. Rubik memperoleh patennya di Hungaria atas penemuan “Kubus Ajaibnya” pada tahun 1975.

Tau nggak sih, kalau Rubik ini mainan yang paling banyak terjual? Dilansir dari Wikipedia, Rubik tercatat sebagai mainan paling banyak dijual dengan penjualan sekitar 350 juta kubus termasuk imitasinya.

Jenis-jenis Rubik

Tipe Rubik pun bervariasi, mulai dari 2×2, 3×3 yang paling banyak dimainkan, 4×4, 5×5 dan bahkan ada Rubik yang berdimensi 28×28. Bukan hanya kubus, bentuk lainnya seperti Pyraminx, Megaminx, Teraminx, Rubik’s Clock, Mirror’s Cube, dan masih banyak lagi.

Gigaminx

 

Popularitas tanpa batas

Hari-hari setelah Rubik populer, banyak pertandingan-pertandingan yang muncul membawa nama Kubus ini, diantaranya:

  1. Speedcubing / speedsolving. Speedcubing adalah mencoba untuk menyelesaikan Rubik secepat mungkin. Dilansir dari World Cube Association, penyelesaian Rubik tercepat  dicatat oleh Yusheng Du (杜宇生) dari China dengan waktu 3.47 detik pada kompetisi Wuhu Open 2018. YouTube.
  2. Blindfolded solving. Blindfolded adalah mencoba untuk menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup. Keren banget ya bisa nyelesaiin Rubik tanpa liat, mimin aja nggak bisa hahaha. Dilansir dari World Cube Association, rekor penyelesaian Rubik tercepat dengan tutup mata diembat oleh Max Hilliard dari Amerika dengan waktu 15 menit 50 detik pada kompetisi CubingUSA International 2019. YouTube.
  3. Multiblind solving. Multiblind solving adalah mencoba untuk menyelesaikan beberapa Rubik dengan mata tertutup. Yang ini lebih keren lagi nih, mimin sih udah angkat tangan duluan hahaha. Dilansir dari World Cube Association, Multi-blind dicatat oleh Graham Siggins dari Amerika yang menyelesaikan 59 dari 60 Rubik dengan perolehan waktu 59 menit 46 detik. YouTube.

Banyak yang bisa kita diskusikan dari dunia perkubusan ini, artikel lainnya yang berhubungan dengan kubus ajaib ini akan mimin sampaikan di lain hari. Terima kasih sudah membaca!

Sumber artikel:
Wikipedia
World Cube Association

Shares
Share This