Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

Di sepuluh hari terakhir Ramadhan merupakan moment yang sangat baik untuk memperbanyak amalan ibadah, mengapa? Karena Rasulullah pun mencontohkan bahwa beliau lebih bersemangat melakukan amalan-amalan di malam sepuluh hari terakhir. Mengapa demikian, alasannya ada dua yaitu, setiap amalan dinilai dari akhirannya, dan yang kedua supaya mendapat lailatul qadar.

 

Lailatul Qadar terjadi pada sepuh hari terakhir dibulan Ramadhan, seperti sabda Rasulullah yang bunyinya :

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169)

Lebih memungkinkan jika lailatul Qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir Ramadhan, seperti sabda Rasulullah SAW yaitu :

 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: – كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ -أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ- شَدَّ مِئْزَرَهُ, وَأَحْيَا لَيْلَهُ, وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

 

Dari hadist disini bisa disimpulkan bahwa pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dalam beribadah

 

Yang dimaksud dengan menghidupkan sepuluh hari terakhir atau menghidupkan malam lailatul qadar adalah dengan menghidupkan mayoritas malamnya, tidak mesti seluruhnya. Demikian pendapat ulama Syafi’iyah. Bahkan sebagaimana dinukil dari Imam Syafi’i, keutamaan tersebut didapat bagi orang yang menghidupkan shalat ‘Isya’ secara berjama’ah dan shalat Shubuh secara berjama’ah.

 

Semoga kita lebih bersemangat untuk bergerak memperbanyak amalan di 10 hari terakhir Ramadhan.

Shares
Share This