Pengaruh Pendidikan Terhadap Anak Pedalaman

    Pendidikan yang layak bagi seorang anak adalah suatu hal yang penting, karena dari situ lah anak berkembang menjadi lebih baik dan menjadi generasi yang berkualitas serta mampu meraih cita-citanya.

    Namun tidak semua anak mendapat Pendidikan yang layak. Karena ekonomi keluarga yang kurang dapat membuat anak tidak menerima Pendidikan yang layak. Khususnya bagi masyarakat di pedalaman, bukan hanya ekonomi namun jarak tempuh menuju bangku sekolah yang berliku, mengarungi sungai, sawah, melakukan perjalanan berkilo-kilo meter dan tak jarang dari mereka tidak menggunakan alas kaki yang membuat mereka mendapat Pendidikan di bangku sekolah secara tidak layak, bahkan membuat mereka enggan untuk bersekolah karena perjalanan yang cukup melelahkan.

    Hal tersebut tidak sepenuhnya salah mereka, sudah dapat dipastikan mereka pun ingin mendapat Pendidikan yang layak selama dua belas tahun. Bukan hanya karena ekonomi dan jarak tempuh menuju sekolah, juga karena kurangnya tenaga pengajar yang mau mengajar di daerah pedalaman, hal ini sangat di sayangkan. Padahal kualitas seorang dapat diukur seberapa jauh Pendidikan yang di capai. Sudah jelas kualitas seorang lulusan SD berbanding jauh dengan kualitas seorang lulusan sarjana. Dari hal ini dapat disimpulkan kualitas Pendidikan sangat berpengarus pada anak di pedalaman.

    Padahal dengan adanya Pendidikan yang layak di daerah pedalaman dapat memajukan sumber daya masyarakat di dalamanya. Karena penerus-penerus bangsa dapat berfikir lebih luas lagi. Dengan adanya Pendidikan yang layak, mampu meningkatkan kreatifitas mereka, juga mampu membuat mereka mengikuti pesatnya perkembangan zaman. Hal ini menjadikan daerah pedalaman bukan daerah yang tertinggal.

Shares
Share This