Sutradara Drama Panggung dan Televisi

Cirebonmedia.com – A. Nawir Hamzah yang lahir pada 7 Februari telah banyak menelan pengalaman di dunia teater dan film. Bergabung dengan Teater Mandiri pimpinan Putu Wijaya serta bersama Padepokan Seni Drama dan Film Teguh Karya merupakan beberapa pengalaman yang pernah dilaluinya. Beberapa penghargaan pun sempat diraihnya, seperti aktor dan sutradara terbaik dalam Festival Dewan Kesenian Jakarta. Hasil penelusuran selama berpuluh tahun itulah dituangkannya ke dalam sebuah buku berjudul Sutradara Drama Panggung dan Televisi yang merupakan buku pertamanya diterbitkan oleh Win Communication cetakan pertama Bulan April 2007 dengan ketebalan 136 halaman.
Buku ini cocok dibaca oleh kawan-kawan yang ingin mendalami dunia teater dan film. Bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele, namun detail layak dijadikan bahan pembelajaran terutama bagi pemula. Beragam pengalaman hidup yang disajikan di antara materi-materi membuat gambaran abstrak menjadi lebih konkret. Pembaca diseret untuk memahami setiap diksi tidak hanya secara tekstual, melainkan kontekstual. Inilah yang menjadikan buku Nawir Hamzah begitu menarik untuk dibaca.

Berbagai materi yang disajikan di dalamnya antara lain; 1. tentang drama dengan elemennya catatan definisi serta gaya dan watak; 2. naskah, subnya ialah memilih naskah, bahasa naskah, dan menafsirkan adegan; 3. artistik terdiri atas pengertian tata artistik, set atau skeneri, peralatan atau properti, tata busana dan rias, cahaya panggung, dan cerita dari pekerja artistik; 4. peran, antara lain hubungan sutradara dan pemeran, latihan pemeran, olah tubuh, olah suara, penafsiran ucapan, tempo dan klimaks; 5. dan layar kaca berbicara soal drama layar kaca, shot, tata cahaya, elemen dalam visualisasi, drama dalam kerja multi camera, dan commercial break.

Buku yang telah bertahun-tahun ada di tengah masyarakat ini tak lekang oleh jaman terlebih di era kekinian di mana masyarakat semakin banyak menjejali dunia seni peran dengan diawali oleh dorongan faktor hobby nonton atau memang berniat ingin mendalaminya dan menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan. Buku ini merupakan suntikan paling ampuh yang dapat membuat seseorang menjadi lebih kaya dan berarti dalam menapaki dunia panggung dan televisi.

Shares
Share This