Seni Lukis: Perpaduan Kanvas, Cat dan Goresan Kuas Nan Indah

Cirebon – Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni murni (seni rupa), dimana terciptanya perpaduan antara kanvas, cat dan goresan kuas nan indah.  Medium dalam melukis tak hanya pada kanvas saja, melainkan juga dapat diaplikasikan di kertas maupun papan.

mengenal-seni-lukisDalam catatan sejarah, seni lukis terkait dengan gambar, hal itu diperkuat dengan bukti-bukti sejarah kuno dimana nenek moyang manusia sudah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua untuk menceritakan bagian-bagian penting dari kehidupan mereka pada saat itu. Gambar-gambar yang mereka buat  pada umum nya menggunakan material-material alam seperti kapur untuk membuat suatu gambar pada dinding-dinding gua. Salah satu teknik yang digunakan pada zaman prasejarah adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua, kemudian menjipak bentuk tersebut dengan kapur, memang terlihat sederhana tapi inilah awal mula seni lukis.

Dalam perkembangannya, seni lukis menjelma menjadi 13 aliran, diantaranya:

Aliran Klasik

Seni lukis klasik adalah aliran dalam bidang melukis yang memiliki karakter kuat dan ciri sendiri. Paduang warna lukisan yang menyatu membuat lukisan terlihat lembut dan harmonis. Karakteristiknya sangat menarik seperti menggambarkan sebuah peristiwa.

Aliran Romantisme

Romantisme dalam dunia seni lukis adalah aliran tertua yang ada di Indonesia,  aliran ini lebih berkarakter sehingga mampu membuka memori manis romantis dan indah pada siapapun yang melihatnya. Pada umumnya obyek yang dijadikan lukisan adalah pemandangan alam bebas sebagai latar belakangnya.  Aliran Romantisme sendiri dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan belanda, yang kemudian ditularkan ke kaum pribumi dan salah satu yang terkenal dan mampu menjadi salah satu pelukis istana di Negara Eropa adalah Raden Saleh.

Aliran Realisme

Realisme adalah aliran yang bias dibilang sangat jujur, menampilkan kehidupan makhluk hidup dalam sehari-hari tanpa menambahi hal-hal yang bias membuatnya terlihat fantasi, Realisme lebih menunjukan kebenaran dan inilah yang menjadi ciri khas nya.

Aliran Naturalisme

Aliran Naturalisme lebih mengacu pada obyek alam sebagai penekanan terbentuknya lukisan aliran ini, sejatinya ini adalah aliran yang berkembang dan berpangkal pada realisme.

Aliran Impresionisme

Aliran ini mungkin bias disebut sebagai ciptaan pelukis asal belanda yang sangat terkenal, yaitu Vincent Van Gogh. Dalam aliran ini lebih menekankan pada pencahayaan, dan suatu gabungan dari macam-macam aliran lukis. Inilah yang membuat Van Gogh menjadi terkenal dengan menciptakan gaya baru dalam dunia seni lukis.

Aliran Pointilisme

Pointilisme,merupakan aliran seni lukis yang menggunakan titik hingga terbentuknya sebuah objek gambar dan saata dilihat dari jarak tertentu, akan terlihat  lukisan yang bersifat realistik,ekspresik, dan artistik.

Aliran Ekspresionisme

Aliran ini adalah aliran yang cenderung menonjolkan mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Gaya ekspresionisme dapat dijumpai di dalam karya lukisan, sastra, film, arsitektur, hingga musik. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi.

Aliran Kubisme

Aliran ini dipopulerkan oleh Pablo Picasso. Dan ciri khas nya adalah dengan gaya lukisan yang cenderung mendekat ke abstrak, dan biasanya adalah gabungan dari bentuk-bentuk geometri.

Aliran Surealisme

Aliran ini adalah aliran yang menampilkan objek-objek yang ditemui dalam mimpi. Biasanya pelukis berusaha  mengabaikan bentuk secara keseluruhan dan mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

Aliran Abstrak

Pada Umumnya abstract adalah suatu lukisan yang meninggalkan bentuk umum, lebih berorientasi pada symbol-symbol serta perpaduan. Dan cenderung aliran yang membebaskan jiwa sang pelukis tanpa harus berpedoman pada pakem.

Aliran Dekoratif

Suatu aliran seni lukis yang menggabungkan antara garis-garis , lengkungan dan bidang atau objek.  Sehingga terbentuk karya lukis yang terlihat lebih geometris.

Aliran Dadanisme

Adalah aliran yang berasal dari Dadaisme merupakan gerakan budaya yang lahir di wilayah netral, yaitu Zurich. Karya dadaisme lebih cenderung menonjolkan unsure-unsur jiwa yang tergoncang, seperti hal nya dalam perang dan kekacauan.

Aliran Optik

Aliran ini menampilkan bentuk geometris yang diulang-ulang, dan terkadang menampilkan garis rapi yang kemudian membentuk suatu komposisi yang menakjubkan.

Images by Pixabay.com

Shares
Share This