Cirebon Bakal Punya Kampung Wisata Baru di Kanoman Utara

Cirebon – Kampung wisata, atau berwisata di kampung yang mempunyai nilai Budaya maupun Tradisi merupakan kegiatan yang sering kali kita lakukan ketika sudah jenuh berwisata ketempat – tempat wisata hiburan.

Dinas pariwisata Kota Cirebon mempunyai beberapa agenda baru dalam pengembangan industri pariwisata di Kota Cirebon. Salah satunya adalah pembuatan kampung wisata kanoman utara RW.10.

“Nantinya kampung wisata ini akan banyak menampilkan atraksi wisata seperti tari tradisional, kampung seni, oleh – oleh dan juga makanan khas”, sebut Erha kepada wartwan, Kamis (11/4/2019)

Foto: Ibu Erha perwakilan Ketua Dinas Pariwisata (Dok. Agus Cirebon Media)

Beliau juga menyebutkan bahwa kampung wisata ini nantinya akan menjadi destinasi wisata baru yang akan menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Ide kampung wisata ini didapatkan setelah team dari Dinas Pariwisata berkunjung dan melakukan studi banding ke kampung wisata yang terletak di Kabupaten Purbolinggo tepatnya Kampung Polowijen dan Kampung Warna – Warni.

Dengan potensi pariwisita Kota Cirebon terutama dalam hal Budaya dan juga Tradisi, maka lahir lah ide tersebut untuk diterapkan di Kota Cirebon.

Kemudian ada juga destinasi lain yang akan dibuat sebagai destinasi wisata kedepannya yaitu Kampug Benda Kerep dan RW 08 Kampung Larangan.

Selain teman – teman dari Media yang menghadiri acara Sosialiasi Kampung wisata RW 10 Keraton Utara, datang pula para tokoh – tokoh, perangkat desa dan juga warga dari Kampung Keraton Utara RW 10.

Erha menerangkan bahwa, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mempersiapkan tempat wisata ini, diantaranya:

  1. Keamanan
  2. Kebersihan
  3. Keindahan
  4. Ramah tamah
  5. Dan juga kenagan atau oleh – oleh yang akan dibawa wisatawan ketika pulang.

Beliau juga menenkan bahwa Tempat Wisata harus mempunyai produk wisata atau kenangan atau bisa juga disebut pengalaman yang tak terlupakan ketika wisatawan berkunjung. Seperti pagelaran tradisional, oleh – oleh dan juga makanan khas.

Untuk wisatawan lokal yang penasaran dengan bagaimana Kampung Wisata RW 10 Keraton Utara ini, belum bisa menikmati tempat wisata baru dalam waktu yang dekat.

Semoga dapat terealisasi dengan waktu dekat dan juga mari sama – sama kita dukung terbentuk nya tempat wisata ini agar menjadi daya tarik lainnya bagi Kota Cirebon.

Shares
Share This