Apa yang Legal di Indonesia tapi Ilegal di Amerika?

Apa yang Legal di Indonesia tapi Ilegal di Amerika hayooo?

Yahh! Jawabannya adalah segala macam persyaratan yang umum dicantumkan dalam iklan lowongan pekerjaan.

  1. Berpenampilan menarik: ilegal. Pekerjaan tidak boleh didasarkan atas penampilan, kecuali untuk model, peragawati, dan sejenisnya. Karena seleksi berdasarkan penampilan tidak boleh, maka meminta foto juga sangat tidak dianjurkan.
  2. Tinggi badan minimal 160 cm: ilegal. Selama pekerjaannya bukan model, karakteristik badan tidak boleh membatasi pekerjaan. Kalau pekerjaan sehari-harinya duduk di meja mengetik di komputer, apa hubungannya dengan tinggi badan?
  3. Umur maksimal 25 tahun: ilegal. Diskriminasi berdasarkan umur tidak dibolehkan. Kalau butuh orang yang kuat angkat berat, sebutkan seberapa berat yang harus diangkat. Persyaratan umur minimal boleh, untuk pekerjaan yang tidak pantas / tidak boleh dipegang oleh anak atau remaja, seperti bartender yang meracik minuman keras minimal usia 21 tahun. Anak usia sekolah juga ada peraturannya sendiri, intinya pekerjaan sebisa mungkin tidak berdampak negatif kepada pelajar.
  4. Belum menikah: ilegal. Status perkawinan bukan urusan perusahaan atau negara, sehingga tidak boleh menjadi bahan pertimbangan untuk pekerjaan. Biasanya perusahaan mensyaratkan ini karena tidak mau menerima pegawai wanita yang kemudian minta cuti atau keluar karena hamil, memaksa atau menolak wanita karena alasan ini tidak legal.
  5. Wanita: ilegal. Jenis kelamin tidak boleh membatasi pelamar, kecuali pekerjaannya memang harus untuk gender tertentu, misalnya peraga busana wanita atau perawat untuk bangsal wanita.
  6. Sehat jasmani dan rohani: ilegal. Status kesehatan adalah masalah privasi, malah ada undang-undang yang menjaga kerahasiaan data kesehatan. Orang cacat berkursi roda pun tidak boleh langsung ditolak, kecuali memang pekerjaannya sama sekali tidak mungkin dilakukan oleh penyandang disability. Diskriminasi berdasar riwayat kesehatan atau cacat tertentu itu ilegal. Kalau semua orang harus sehat sempurna segar bugar untuk bisa kerja, maka dunia akan kehilangan sumbangsih jenius Stephen Hawking.
  7. Warga negara: ilegal. Perkecualian hanya untuk pekerjaan di pemerintah, terutama yang menyangkut bidang pertahanan atau berkaitan dengan rahasia negara. Selama seseorang memiliki ijin kerja, tidak boleh ditolak hanya karena bukan warga negara.
  8. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa: ilegal. Berdasarkan konstitusi AS pemerintah tidak boleh mencampuri urusan agama, dan undang-undang hak sipil (civil rights law) melarang diskriminasi berdasarkan agama. Mau memilih agama apapun atau tidak beragama itu hak masing-masing. Perkecualian hanya untuk organisasi agama, lowongan untuk pendeta tentu boleh mensyaratkan beragama Kristen.
  9. Pada dasarnya di AS diskriminasi di bidang profesi berdasarkan ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, negara asal, umur, kecacatan, dan informasi genetik adalah ilegal.

Seperti hukum lain di Amerika, yang ilegal tidak hanya penulisannya saja, prakteknya juga ilegal. Meski lowongannya tidak pernah menyebutkan persyaratan ras tetapi prakteknya hanya ras tertentu yang diterima bekerja, bisa menjadi masalah. Kalau si pelamar bisa membuktikan bahwa perusahaan mendiskriminasi, maka dia bisa menuntut ke pengadilan, dan kalau menang bisa mendapat kompensasi jutaan dollar dari yang dituntut.

Sumber:
Facebook Thread
EEOC – Warna Kulit
EEOC – Umur
EEOC – Jenis Kelamin
EEOC – Disabilitas
EEOC – Negara Asal
EEOC – Kebijakan Ketenagakerjaan
DoL – Buruh dan Tenaga Kerja Muda

Shares
Share This