Tidak Punya Kamera DSLR ? Jadikan Smartphone-mu Senjata Andalan Untuk Memotret

Banyak orang yang hobi fotografi, namun sebagian mengaku jika tak memiliki kamera yang mumpuni, sebutlah DSLR. Mungkin kamu ada di jajaran orang-orang ini? Tenang, sekarang hal itu tak lagi menjadi masalah besar. Jangan biarkan kendala alat menyurutkan hobimu itu. Sebab, kamu bisa terus mengasahnya dengan smartphonemu. Yuk, Maksimalkan smartphone kamu lewat beberapa tips berikut ini .

Pastikan cahaya cukup untuk menerangi objek

Cahaya merupakan hal paling penting dalam fotografi. Karena keterbatasan sensor kamera smartphone, maka otomatis kemampuan menangkap cahayanya juga lebih sedikit. Oleh karena itu, kita harus memaksimalkannya dengan memotret dalam lingkungan yang cukup terang.

Objek yang menarik

Objek yang menarik dapat membantu membuat fotomu menjadi lebih menarik perhatian orang. Meskipun  kita bisa membuat objek yang tidak menarik jadi menarik, namun tdak ada salahnya untuk mencari objek yang menarik sedari awal untuk memudahkanmu.

Pegang smartphonemu dengan stabil

Untuk mendapatkan hasi foto yang fokus, pertama-tama kamu harus bisa pegang smartphone-mu dengan stabil. Kalau nggak, bisa-bisa hasil fotomu jadi blur semua.

Mendekatlah ke objek yang dipotret

Untuk hasil foto yang maksimal, kamu perlu mendekati objek fotomu. Ada banyak Keuntungan jika kamu mau mendekat ke arah objek. Salah satunya, kamu bisa dapat efek bokeh pada backgroundnya.

Saat memotret  usahakan tahan sampai kamera selesai menyimpan foto

Rentang waktu memotret di smartphone punya jeda cukup panjang. Saat  ditekan layarnya, kamera tak langsung memotret sehingga jika tanganmu bergoyang sedikit maka hasilnya akan blur.

Tentukan angle yang pas

Angle merupakan hal penting selanjutnya yang harus kamu tau. Meskipun objek yang akan diambil menarik,  jika angle pengambilannya  jelek, maka hasil fotopun akan terlihat tidak indah. Oleh karena itu, perhatikan angle yang kamu pilih, setidaknya kamu sudah bisa membayangkan hasilnya nanti.

Pelajari komposisi foto kamu

Kecocokan antara objek, background, warna, bentuk dan garis membuat fotomu memiliki arti. Komposisi dalam fotografi sendiri cukup rumit.  Untuk mempermudahnya, saat kamu akan memotret pikirkan kembali apakah objek dan latar serta benda lainnya dalam frame sudah cocok ?

Jika kamu merasa belum, coba geser objek atau kamu yang bergeser, atau bersihkan sampah yang terlihat. Hal-hal sederhana ini akan sangat mempengaruhi nantinya.

Editing

Proses editing setelah memfoto juga penting. Proses ini bertujuan untuk membuat hasil fotomu menjadi lebih bagus lagi.  Biarkan fotomu tetap simpel, karena jika terlalu berlebihan tentu hasilnya akan kurang baik.

Jangan minder karena kamu tidak punya kamera DSLR, kamu masih tetap bisa bersaing dengan hasil fotomu dari kamera smartphone. Latihlah terus dan jadikan smartphone mu senajata andalan untuk memotret.

 

Shares
Share This