Si Putih Kekuningan dari Kedelai yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Susu kedelai merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari kedelai. Kalsium yang terkandung didalamnya sampai saat ini belum diketahui pastinya. Meskipun begitu susu kedelai memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, di antara nya :

Untuk kesehatan jantung

Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian membuktikan bahwa susu kedelai lebih baik untuk menurunkan tekanan darah daripada susu sapi. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Menurunkan gejala post-menopause

Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause. Isoflavone adalah komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita pada periode ini.

Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang ada pada susu kedelai juga bagus untuk mencegah osteoporosis pada wanita post menopause.

Anti karsinogenik

Hasil penelitian merekomendasikan Konsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Begitu pula kanker payudara yangberhubungan dengan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan mengonsumsi susu kedelai.

Anti Oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki  insoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit kronis. Efek antioksidan tersebut dapat melindungi hati yang membantu untuk menurunkan stres oksidatif dan kerusakan yang terjadi dalam tubuh. Isoflavone juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat kerusakan oksidatif DNA.

Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol

Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita. Isoflanove pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran jaringan lemak. Hal ini juga mempengaruhi kadar LDL kolesterol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Melancarkan pencernaan

Susu kedelai memiliki banyak protein, lemak, karbohidrat yang baik bagi tubuh. Kandungan isoflavone yang didapat dari susu kedelai mampu membantu meningkatkan absorspsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Shares
Share This