Cirebonmedia.com – Bakpia merupakan sebuah makanan yang sudah sangat dikenali masyarakat di Indonesia. Bakpia mulai dikenali di Indonesia sekitar abad ke 11 oleh bangsa Cina atau Tionghoa. Istilah bakpia sendiri berasal dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, sehingga menurut harfiah bakpia adalah kue berisi daging. Namun seiring berjalannya waktu, isi bakpia yang awalnya adalah sebuah daging diubah menjadi kacang hijau. Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau yang dibungkus dengan tepung dan kemudian dipanggang. Bakpia sendiri memiliki dua jenis, yaitu bakpia basah dan bakpia kering. Saat ini perkembangan bakpia di Indonesia semakin beragam dan berinovatif, seperti bakpia dengan rasa buah, rasa cokelat, keju dan masih banyak lagi. Di Cirebon sendiri nama bakpia lebih dikenal dengan sebutan atom yang memiliki tekstur kering dan isi yang padat.

Image By: Cirebon Media/ Bima
Image By: Cirebon Media/ Bima

Namun Cirebon juga memiliki atom khas yang berbeda dengan atom lain yang biasa ditemui di Cirebon, yaitu Tomcir yang berada di salah satu sudut kota Cirebon. Tomcir berasal dari kata atom yang artinya bom dan kocir yang artinya Kota Cirebon, jadi bom dari Kota Cirebon. Sesuai dengan namanya, atom ini akan meledak jika kita memakannya. Menurut pemilik Tomcir, Fauzi Fahmi mengatakan awalnya ia hanya coba-coba saja, “Awalnya saya hanya coba-coba membuat atom yang berbeda dengan lainnya sehingga dapat menjadi makanan khas Cirebon” ujarnya.

Yang membedakan Tomcir dengan atom atau bakpia lainnya adalah pada umumnya atom atau bakpia mempunyai tekstur kering dan isi yang padat, namun Tomcir ini memiliki tekstur yang medium dan isi yang akan lumer jika kita memakannya. Itulah mengapai Tomcir ini merupakan atom atau bakpia pertama di Indonesia dengan isi lumer dan menggunakan bahan asli dan terbaik.

Ia juga prihatin dengan tidak adanya cemilan khas Cirebon berkelas premium yang terkenal hingga keluar daerah Cirebon. “Cemilan sekarang banyak sekali yang berasal dari Bandung, tetapi tidak ada cemilan khas Cirebon yang dikenal dan disukai oleh masyarakat dari luar daerah” ujar Fauzi. Ia berharap dapat membuat Cirebon dikenal dengan Tomcir khas Cirebon.

1192 Total Views 2 Views Today