Lanal Cirebon Tabur Bunga Di Makam Pahlawan Samadikun Jelang Hari Armada

Karyneiko
  • 1 minggu
  • 80
  • 0

Menjelang peringatan Hari Armada RI Tahun 2019, prajurit Pangkalan TNI AL Cirebon melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan pada Selasa (03/12/2019) yang berlokasi di Kesenden Kota Cirebon.

Salah satu Pahlawan yang gugur dalam medan pertempuran dari angkatan laut adalah Kapten Samadikun yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kesenden.

Upacara tersebut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, do’a untuk arwah para Pahlawan Kusuma Bangsa serta dilanjutkan dengan Peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah.

Penghormatan akhir kepada arwah pahlawan dipimpin pimpinan ziarah, serta penaburan bunga. Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, melalui Palaksa Mayor Laut (KH) Jajat Hidayat mengatakan ziarah ke makam pahlwan masih dalam rangkaian memperingati jelang hari Armada RI tahun 2019 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember untuk mengenang jasa – jasa pahlawan untuk Indonesia.

“Ziarah ke makam pahlawan peringati hari Armada, yg di dalamnya terdapat makam Kapten Samadikun,” tuturnya.

Palaksa Mayor Laut (KH) Jajat Hidayat menambahkan pelaksanaan ziarah ini sedikitnya memiliki dua makna yang bisa diambil, untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan khususnya para pendahulu yang telah berkorban dan gugur sebagai kusuma bangsa.

“Dengan mengenang jasa dan semangat kepahlawanan para pendahulu ini, kita berharap bisa mewarisi dan meneladani untuk berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta ini,” pungkasnya.

Pihaknya menambahkan, bentuk penghormatan ini tidak akan pernah lepas dari dada dan sanubari putra dan putri penerus bangsa, untuk senantiasa menghormati dan menghargai serta mengenang jasa-jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah mendahului. Proses ziarah nasional ini diawali dengan prosesi penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga. Berikutnya pembacaan doa dan penghormatan akhir kepada arwah pahlawan. ziarah ditutup dengan tabur bunga yang dipimpin Inspektur Upacara dan diikuti peserta upacara.

Shares
Share This