Kapan PDAM Kota Cirebon Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Perbaikan jaringan, Pompa, penggantian alat sudah dilakukan PD Air Minum kota Cirebon, namun hasilnya bukan membaik tapi semakin parah.

Bukan satu dua bulan kelangkaan air bersih terjadi pada beberapa daerah di kota Cirebon namun bertahun-tahun mereka mengalami krisis air bersih.

Daerah pesisir kota Cirebon berteriak berharap air bersih lancar namun masih saja tidak mampu PDAM kota Cirebon memenuhinya.

Samadikun juga sama warga mengeluhkan air bersih. Mereka harus rela berjam-jam untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Begitupun di Sunyaragi sudah belasan tahun merindukan air bersih mengalir lancar.

Air mulai mengalir tengah malam dengan debit yang sangat kecil dan harus ronda malam untuk mendaoatkan seember air. Itupun tidak mengalir ke bak mandi, jadi harus ditambung dalam ember lalu dipindahkan ke bak.

Sukarni salah satu warga RW 07 Karang Jalak Mekar mengatakan kalau setiap hari dirinya harus ronda demi terisinya bak untuk mandi pagi hari.

“Sampai pagi harus ditungguin ember biar penuh dan dipindah ke bak mandi. Pagi hari sudah gak ngocor lagi ketersediaan air hanya bisa buat mandi satu kali,” tutur Sukarni

Hal ini diperparah dengan adanya warga yang menggunakan pompa air untuk menguras debit air PDAM yang kecil.

“Gak disedot pake pompa saja udah kecil kalau tetangga ada yang makai pompa ya nambah parah. Apalagi ada kosan dua lantai yang juga pakai pompa buat sedot airnya, ngeluh ke petugas PDAM malaj dijawab suruh pakai pompa juga,” tuturnya

Begitupun yang dirasakan oleh Cita Rahayu yang juga membuka warung. Dirinya sangat membutuhkan air bersih untuk keseharian juga untuk membersihkan peralatan dagangnya.

“Saya rela bayar lebih mahal asal airnya lancar. Ini udah mahal air gak ada, terus sampai kapan? Katanya kalau sudah perbaikan air lancar mana buktinya?” tanya Cita

Entah sampai kapan PDAM kota Cirebon tetap seperti ini. Sepertinya tidak mampu menyediakan kebutuhan air. Setiap ada perbaikan katanya buat kelancaran air namun nyatanya air tetao langka.

Tidak ada solusi yang bisa diberikan oleh PDAM kota Cirebon agar masyarakat mampu merasakan air bersih dengan lancar. Apakah karena ketiadaan air ataukah ketidakmampuan para direksi PDAM kota Cirebon dalam bekerja ?

Shares
Share This