Cap Go Meh, Puncak Perayaan Tahun Baru Imlek

Cirebonmedia.com – Vihara Dewi Welas Asih merayakan puncak tahun baru imlek ke 2568 dengan menggelar kirab budaya Cap Go Meh pada Sabtu (11/2). Dihadiri langsung oleh Walikota Cirebon Nasrudin Azis perayaan kirab budaya Cap Go Meh dipadati oleh ribuan warga yang datang untuk menyaksikan iring – iringan 15 joli, liong naga mas serta aksi Sanggar Sekar Pandan Keraton Kacirebonan dan drumband dari AKMI Suaka Bahari.

Menurut Walikota Cirebon Nasrudin Azis mengungkapkan, dengan adanya agenda tahunan kirab budaya ini dapat menyatukan seluruh komponen bangsa. “Melalui kirab budaya ini semoga akan mampu menguatkan seluruh komponen bangsa yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Cirebon ini. Mari menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa, kita tidak akan rela jika bangsa ini terpecah belah oleh oknum tertentu,” ungkap Walikota Azis. Adapun rute kirab budaya Cap Go Meh yang sudah menjadi agenda tahunan DIPORBUDPAR Kota Cirebon ini dimulai dari Vihara Dewi Welas Asih, menuju Jalan Pasuketan, Jalan Pekiringan, Jalan Parujakan, Jalan Sukalila Selatan, Jalan Karanggetas, Jalan Panjunan, Jalan Jagabayan, Jalan Winaon, Pasar Kanoman, Jalan Talang, Jalan Kebumen dan berakir kembali di Vihara Dewi Welas Asih.

2Sementara itu menurut seorang Budayawan Tionghoa Yan Siskartedja mengatakan, perayaan Cap Go Meh tahun 2017 ini mengusung tema tentang persatuan dan kesatuan. Karena perayaan itu tidak hanya diramaikan dengan kebudayaan China saja melainkan terdapat pula budaya Cirebon yang ikut meramaikan kirab budaya Cap Go Meh. “Dengan adanya perayaan Cap Go Meh ini diharapkan dapat menyatukan keragaman dan kebhinekaan yang ada. Kita tidak membedakan suku bangsa, ras dan agama. Mari kita bersatu bahu membahu menjaga NKRI,” tegas Yan. Perayaan Cap Go Meh tahun 2017 ini merupakan perayaan yang ke 16 kali dan selalu berbeda di tiap tahunnya. (Bima)

Shares
Share This