7 Sumur Purbakala Di Kaliwadas Masih Belum Mendapat Perhatian Pemerintah

Cirebonmedia.com- Penemuan 7 Sumur Keramat di situs Balong Tukmudal yang berada di Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon akhir November 2016 lalu memang menggemparkan warga Kabupaten Cirebon, khususnya warga disekitar situs Balong tersebut, karena penemuan sumur yang diduga berumur ribuan tahun itu secara tidak sengaja.

Menurut juru kunci situs Balong Saprudin mengungkapkan, tiap tahun masyarakat disekitar situs Balong tersebut selalu menguras dan membersihkan situs Balong tersebut. Namun di tahun 2016 lalu, masyarakat dihimbau oleh pihak keraton Kanoman untuk menggali situs Balong. “Tiap tahun kita bersama masyarakat selalu membersihkan situs Balong ini. baru di tahun kemarin keraton kanoman menghimbau untuk menggali situs Balong dan tidak disangka saat digali kita menemukan 7 sumur lainnya,” ujar Saprudin. Menurutnya saat ini pengunjung yang datang ke situs Balong berasal dari wilayah 3 Cirebon yang didominasi dari Indramayu. “Banyak yang datang dari Indramayu, dan para pengunjung yang datang tidak dimintai uang masuk. Namun kebanyakan mereka memberikan sumbangan untuk keperluan situs,” ujar Saprudin.

Juru kunci situs Balong Saprudin
Juru kunci situs Balong Saprudin

Ia mengungkapkan tanggapan Pemerintah terkait situs Balong sampai saat ini belum ada pihak pemerintah yang memperhatikan situs balong. “Saat ini pihak masyarakat secara sukarela bergotong royong untuk menjaga dan membangun situs Balong yang dibantu oleh pengunjung yang dengan sukarela memberikan sumbangan,” imbuhnya Ia berharap kepada Pemerintah agar memperhatikan cagar budaya situs Balong dilestarikan dan diperbaiki. “Ingin diperbaiki, dibuat tembok untuk pembatas, ingin ada tajug atau mushola, ingin dibangun lagi petilasan dan di tiap sumur diberikan pendopo,” ungkapnya.

Cirebon memang dikenal dengan daerah di Indonesia yang kaya akan budaya, akulturasi budaya dari Cina, Arab dan Jawa melebur menjadi satu dan membentuk keunikan tersendiri. Dari akulturasi budaya ini pun mampu menciptakan peninggalan atau petilasan yang seiring berjalannya waktu mulai ditemukan dan salah satunya ialah 7 sumur di daerah Kaliwadas, dengan penemuan ini menandakan bahwa Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Wali masih memiliki hal menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk datang ke Cirebon.

Shares
Share This