Tips Mengajarkan Cara Berkomunikasi Pada Buah Hati

Cirebonmedia.com- Berkomunikasi merupakan suatu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh manusia karena hakekatnya manusia merupakan makhluk sosial yang menuntutnya untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya guna menjalin kerukunan antar masyarakat. Dengan adanya komunikasi inilah suatu hubungan harmonis dalam bermasyarakat bisa terbentuk  untuk itu sangat dianjurkan mengenalkan cara berkomunikasi sejak dini pada sang buah hati.

Berkomunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Kehidupan manusia di dunia tidak dapat dilepaskan dari aktivitas komunikasi karena komunikasi merupakan bagian integral dari sistem dan tatanan kehidupan sosial manusia dan masyarakat. Aktivitas komunikasi dapat dilihat pada setiap aspek kehidupan sehari-hari manusia yaitu sejak dari bangun tidur sampai manusia beranjak tidur pada malam hari. Bisa dipastikan sebagian besar dari kegiatan kehidupan kita mengunakan komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.

Begitu pentingnya komunikasi bagi kehidupan bermasyarakat sehingga kita sebagai orang tua harus mengajarkan cara berkomunikasi yang baik kepada Anak. Berikut adalah tips mengajarkan cara berkomunikasi pada Anak:

Selalu ajak mengobrol

Meskipun dia belum memahami apa yang Anda katakan, tetap ajak dia mengobrol. Hal ini akan membantu dia untuk memahami cara berkomunikasi yang baik. Saat si kecil merespon dengan tertawa dan bergumam, anggap hal itu cara dia merespon apa yang Anda katakan.

Komunikasi bersama buah hati
Komunikasi bersama buah hati

Ajak bicara sepanjang hari

Jika ada kesempatan untuk mengobrol bersama si kecil, usahakan untuk mengobrol sepanjang hari. Kebiasaan mengobrol akan direkam oleh anak. Perlu Anda ketahui, saat masih bayi anak lebih mudah merespon sekitarnya. Maka usahakan untuk mengajaknya bicara sepanjang hari.

Kenalkan kata yang baru

Membantu mengenalkan kata baru bagi si kecil akan membantu dia untuk belajar berkomunikasi. Saat si kecil sudah mampu berkomunikasi maka kenalkan kata baru setidaknya satu kata baru setiap harinya. Jangan lupa untuk menjelaskan makna kata baru tersebut.

Bacakan cerita

Pilih buku cerita yang ada ilustrasinya, sehingga si kecil lebih mudah membayangkan maksud cerita tersebut. Gambar yang menarik juga akan membantu si kecil untuk lebih tertarik. Bicara dengan intonasi yang tegas dan jelas. Hal ini penting agar si kecil lebih memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Kebiasaan ini akan diikuti oleh si kecil.

Sumber: Veemale

Shares
Share This