Makanan Pencegah Kanker Payudara

Cirebonmedia.com – Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakuti oleh manusia, karena kanker dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penderita kanker tidak terbatas pada jenis kelamin atau usia. Rata-rata penyebab kanker karena faktor genetik, karsinogen, dan juga gaya hidup yang dianggap berpengaruh besar sebagai penyebab kanker. Salah satu kasus kanker yang banyak ditemukan di masyarakat adalah kanker payudara yang menyerang kaum perempuan.

Membiasakan hidup sehat dipercaya mampu mengurangi resiko terkena kanker payudara seperti minyak ikan yang dapat mencegah timbulnya kanker. Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu melawan kanker payudara seperti dilansir dari laman Daily Mail:

Ikan

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda yang berasal dari ikan seperti salmon dan tuna memiliki potensi lebih sedikit terkena kanker payudara.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan phytonutrients. Antioksidan sangat terkenal mampu mengurangi oksidasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan radikal bebas pemicu timbulnya kanker.

Tomat

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan lycopene yang menurut ahli onkologi dan diet dipercaya mampu mengurangi resiko terkena kanker.

susu-kedelai-tokomesinSusu Kedelai

Menurut Institut Kanker Nasional di Amerika Serikat, susu kedelai (soya) kaya akan fitoestrogen dan mereka menemukan bahwa wanita dengan diet kaya soya beresiko lebih sedikit terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang menjalani diet rendah soya.

Sayuran Berdaun Hijau

Lutein dan Zeaxanthin yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kol membantu mencegah resiko kanker payudara.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C,E, dan folat. Cobalah untuk tetap mengkonsumsi buah dan sayuran minimal 400gram per hari.

Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous terdiri dari bawang putih, bawang bombay, kubis. Sayuran cruciferous ini terkenal akan kandungan glucosinolate, yaitu kandungan kimia belerang yang menyebabkan timbulnya rasa pahit dan aroma kuat dari sayuran keluarga cruciferous. Kandungan kimia yang dihasilkan bisa membantu mencegah terkena resiko kanker.

 

Shares
Share This