Pawai Api PON XIX Tiba Di Cirebon

Cirebonmedia.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat hanya beberapa hari lagi. Sebelum dimulainya pelaksanaan PON, terdapat sebuah tradisi yaitu melakukan pawai Api PON. Pada PON XIX ini, pawai dilakukan selama 10 hari dan akan melintasi rute sepanjang 1005,6 KM dimana ini merupakan rute terpanjang selama sejarah penyelenggaraan PON. Pada Senin (5/9) pukul 15.30 WIB, pawai api PON XIX telah mencapai Kota Cirebon yang mana sebelumnya api PON XIX berangkat dari Indramayu dan dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua KONI Pusat Tono Suratman.

Setelah sampai di Balaikota Cirebon, api PON diserahkan langsung oleh pembawa api PON Serda Tri Winarto yang berasal dari Batalion TNI Arhanudse kepada Walikota Cirebon Nasrudin Azis. Setelah menerima api PON, Walikota Nasrudin Azis menyampaikan sambutannya di depan seluruh tamu yang hadir di Balaikota Cirebon. Ia mengungkapkan berterimakasih kepada seluruh kalangan yang sudah berpartisipasi dalam menyambut PON XIX Jawa Barat. “Kami berterimakasih kepada Muspida dan seluruh pihak termasuk masyarakat Kota Cirebon yang selalu siap melancarkan event event besar yang diadakan di Kota Cirebon, tanpa dukungan semuanya Kota Cirebon tidak akan bias menjalankan event event tersebut dengan baik” ungkap Azis.

Cirebonmedia/Bima

Ia juga berharap dengan api yang akan diarak ke berbagai Kota dan Kabupaten di Jawa Barat ini dapat mewujudka cita – cita Jawa Barat pada PON XIX kali ini, “Mudah mudahan dengan api ini akan memberikan semangat bagi Jawa Barat dalam mewujudkan Jabar Kahiji (Jawa Barat menjadi juara umum PON XIX)” imbuh Azis. Rencananya, setelah diinapkan satu malam di Balaikota Cirebon, api PON akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kuningan pada Selasa (6/9), baru kemudian akan mengunjungi Majalengka, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Depok, Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan berakhir di Kota Bandung.

Seperti diketahui, Kota Cirebon sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah dua cabang olahraga (cabor), yakni selam kolam dan bulutangkis. Cabor selam kolam akan dipusatkan di venue Catherine Surya Komplek Bima, sedagkan cabor bulutangkis akan diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Bima, Kota Cirebon.

Shares
Share This