H+3 Stasiun Cirebon Mulai Dipadati Penumpang

Cirebonmedia.com – Pada H+3 setelah hari raya idhul fitri 1437H, suasana di Stasiun Cirebon mulai dipadati penumpang yang ingin kembali ke kota asalnya. Ribuan penumpang sebagian besar berangkat dari Stasiun Cirebon menuju ke Jakarta. Menurut data dari PT KAI DAOP 3, sampai dengan tadi siang pukul 12.30 penumpang yang berangkat dari Stasiun Cirebon mencapai 4.920 sedangkan secara keseluruhan penumpang yang berangkat dari wilayah operasi DAOP 3 mencapai 56.770 penumpang.

Penumpang saat ingin menaiki kereta
Penumpang saat ingin menaiki kereta

Menurut Humas PT KAI DAOP 3 Eko S. Mulyanto, angka tersebut naik 109% dibandingkan dengan tahun lalu. Ia juga mengatakan jika angka tersebut akan terus naik sampai dengan pukul 00.00 nanti. “Sampai jam 00.00 nanti diperkirakan penumpang yang berangkat mencapai lebih dari 8.000 karena diperkirakan puncak arus balik terjadi hari ini dan besok” ungkap Eko. Selain itu salah satu yang menyebabkan meningkatnya jumlah penumpang kereta api adalah kemacetan yang terjadi di jalan tol saat arus mudik lalu. “Saat mudik kemarin terjadi kemacetan yang cukup parah di jalan tol, makanya para pemudik banyak yang beralih menggunakan kereta api saat arus balik ini” imbuhnya.

Untuk mengimbangi membludaknya penumpang kereta api saat arus balik ini, PT KAI DAOP 3 sudah menyiapkan 100 kereta reguler ditambah 34 kereta tambahan sampai dengan tanggal 11 Juli 2016 besok. “Kita menyiapkan 100 kereta reguler + 34 kereta tambahan sampai tanggal 11. Namun khusus untuk kereta Argojati diperpanjang sampai tanggal 13. Jadi tiap harinya Cirebon dilalui sekitar 134 rangkaian kereta api” ungkap Eko. Selain penumpang yang berangkat dari Stasiun Cirebon, penumpang yang datang sampai hari ini juga masih cukup banyak. Sampai dengan pukul 12.30 penumpang yang turun di Stasiun Cirebon mencapai 2.210 penumpang dan jika dihitung dari H-7 sampai dengan hari ini, penumpang yang turun di Stasiun Cirebon mencapai 84.626 penumpang.

Shares
Share This