Tips Aman Berkendara Saat Libur Weekend

Weekend lagi aja nih…kemana kalian berlibur ? Kalau yang punya pasangan sih biasanya jalan bareng pasangannya, yang berkluarga ama keluarganya nah klo yang jomblo biasanya jalan ama komunitasnya.

Berlibur sekarang ini tentunya menggunakan kendaraan baik motor roda dua ataupun roda empat (mobil). Tentunya liburan weekend kita berharap seneng, bahagia dan ceria dong. Jangan sampai liburan berujung petaka atau duka lara. Oleh karena itu kita harus persiapkan segala sesuatu sebelum bepergian.

Bagi pengendara motor roda dua tentunya harus cek dan ricek apakah roda motor dalam keadaan yang baik, lampu berfungsi, klakson berbunyi jangan lupa isi bensinya.

Kalau sudah cek kondisi motor dengan teliti tinggal ikutin etika bermotor yang baik. Pertama pastikan gunakan helm, jaket, sepatu untuk melindungi bagian tubuh kita.

Ingat motor hanya boleh dua orang yah…jangan sampe tiga atu bahkan lebih karena motor tidak akan mampu menahan beban tersebut pastinya berakibat fatal.

Bagi kalian perokok hindari merokok saat bermotor karena asap rokok pasti mengganggu mata dan menghalangi penglihatan. Percikan api rokok yang terkena angin bisa membahayakan pengendara lain atau pejalan kaki yang kita lewati.

Nah kalau yang memakai mobil kudu lebih teliti lagi yang sering banyak lupa isi air radiator. Bisa fatal akibatnya kalau radiator kosong. Ban serep juga harus disediakan biar klo bocor gak harus tambal ban dulu kan makan waktu lama…

Saat berkendara tentu sabuk pengaman harus dipakai ya…selain supaya posisi duduk kita nyaman, gak ditilang polisi juga biar gak berisik karena mobil jaman sekarang rewel klo gak pasang sabuk pengaman bunyi aja…

Bawa kendaraan dalam kecepatan yang cukup tapi kalau dalam kota Cirebon sekarang ini sih paling mentok 40 KM/jam deh….sama seperti di kota besar lainya. Nah kalau masuk tol pastikan semua kaca tertutup dan maksimal 80 KM/jam ya jangan lebih agar kendaraan tetap bisa dikendalikan.

Patuhi segala rambu lalulintas dan hormati pengendara yang lain. Namun sebelum bepergian pastikan kondisi badan anda sehat. Kalau gak sehat mending istirahat di rumah sekaligus berhemat. Selamat berakhir pekan semoga hari yang menyenangkan…

Shares
Share This