Akibat Mengisi Bensin Terlalu Penuh

Sering kali pemilik mobil mengisi penuh tangki bahan bakarnya. Alasannya agar tidak perlu terlalu sering bolak-balik ke SPBU, atau biasanya saat akan melakukan perjalanan jauh. Tapi tahukah kamu jika sebenarnya hal tersebut merupakan perilaku yang salah? Jika dilakukan, akan ada efek terterntu pada mobil.

Panas meningkatkan tekanan yang bisa menyebabkan naiknya bahan bakar dan mungkin saja menyebabkan overflow (bahan bakar terdorong ke luar). Karenanya, saat sedang panas, pemilik mobil tidak perlu mengisi penuh tangki bahan bakarnya. Jika tidak, maka bisa saja bensin tumpah. Tumpahan ini dapat merusak cat, serta uap yang keluar dapat mengotori udara.

Agar tetap aman, maka usahakan untuk tidak mengisi penuh bensin. Sisakan ruang di antara bensin dan kepala tangki. Selain itu, jika ada tumpahan bensin, maka segeralah dibersihkan. Selain itu, mengisi bensin terlalu penuh dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini.

Kebakaran Mobil

Bahan bakar sifatnya mudah tersulut api dan rentan mengakibatkan ledakan. Selama masih dalam pemakaian aman serta kapasitas yang sesuai memang tak akan timbul masalah. Terlebih setiap tangki penampung bahan bakartelah dirancang khusus dengan adanya lubang udara yang berfungsi mencegah terjadinya kerusakan tangki akibat pengisian bahan bakar yang overload.

Masalahnya, para pemilik mobil banyak yang tidak mematuhinya atau karena memang tidak tahu tentang hal itu. Sehingga tangki yang memiliki kapasitas maksimum terpaksa menampung bahan bakar terlalu penuh.

Yang ditakutkan dari pengisian bahan bakar terlalu penuh yaitu mudahnya zat cair tersebut meluap melalui sela-sela atau lubang yang ada. Luapan bahan bakar inilah yang akan memicu bahaya yang lebih serius.

Kerusakan Tangki

Selain kerugian akibat mobil terbakar, kerugian material lainnya yaitu resiko kerusakan tangki. Sudah sewajarnya jika suatu wadah yang telah penuh tapi tetap dijejali muatan, wadah tersebut akan rusak.

Begitupun halnya dengan tangki bahan bakar mobil, dimana tangki dapat berlubang atau rusak akibat pengisian secara overload. Jika sudah begini, mau tak mau kamu merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Berpotensi Menyebabkan Penyakit Kanker dan Paru-paru

Tidak cukup sampai di situ, pengisian bensin yang terlalu penuh juga mengancam kesehatan, khususnya kanker dan paru-paru. Beberapa saat setelah pengisian tangki, biasanya akan merebak bau bahan bakar yang baru saja keluar dari tangki tersebut. Bahan bakar tersebut menguap karena tangki penampungannya yang overload dan terhirup oleh manusia di sekitarnya.

Selain kanker, penyakit kronis lainnya yang ditimbulkan oleh pengisian bensin yang terlalu penuh yaitu penyakit paru-paru. Bau yang merebak dari tangki bahan bakar tersebut membawa zat karsinogenik sebagaimana yang terdapat dalam rokok. Zat ini akan berakibat fatal jika dihirup, karena senyawa semacam ini akan memasuki dan mengendap dalam tubuh manusia serta merusak beberapa organ vital terutama paru-paru.

Terakhir, hidup kamu terlau berharga untuk dipertaruhkan akibat hal sepele keteledoran dalam mengisi bensin yang terlalu penuh. Oleh karena itu, jika mengisi bensin yang sedang-sedang saja.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This