Cara Mudah Menjaga Kilau Sepeda Motor

Ketika ingin membeli motor pastinya setelah menemukan motor yang diinginkan kamu akan mencari warna yang sesuai dengan keinginan pula. Tapi, kamu juga harus tau cara mempertahankan warna motor agar tetap terlihat baru meski sudah dipakai bertahun-tahun.

 

Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Hindari Sering Terkena Sinar Matahari

Debu dan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat merusak kilau warna motor jika terlalu lama dibiarkan. Sebisa mungkin carilah tempat parkir seperti dibawah pohon atau tempat-tempat teduh lainnya.

2. Hindari Mencuci dengan Deterjen atau Sabun Colek

Deterjen dan sabun colek tentu saja bukan untuk mencuci motor tetapi digunakan untuk mencuci kain. Usahakan jika memandikan motor gunakan sampo khusus motor untuk menjaga kelembaban motor dan warna.

3. Hindari Air Hujan dan Garam

Air hujan mengandung  asam yang membahayakan cat motor, terutama tetesan pertama. Jika kena, usahakan segera basuh dengan air bersih. Begitu juga jika terkena air garam atau air asin. Kandungan garam membuat warna motor cepat memudar, dan besi cepat berkarat.

4. Segera Keringkan Jika Terkena Air

Bintik-bintik air yang menempel dan terkena sinar matahari disertai debu bisa menghasilkan jamur dan noda yang sulit untuk dihilangkan, hasilnya warna cat pun ikut menghilang.

5. Menggunakan Cairan Pengkilap

Menggunakan cairan pengilap memang dapat membuat motor semakin bagus, namun usahakan tidak terlalu sering menggunakannya. Warna motor akan terkikis dan perlahan-lahan akan hilang.

6. Lapisan Krom Bersihkan Dengan Hati-Hati

Hati-hari jika membersihkan air yang menempel. Gunakan kain yang lembut, usahakan tidak memakai bahan kimia untuk komponen krom, karena warna akan berangsur-angsur menjadi kekuningan.

 

Sumber : Kompas

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This